Taput - Usai kejadian musibah kebakaran Pasar Tarutung pada Minggu malam, (08/04/2024), Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan,M.Si pasca kebakaran pasar Tarutung terjadi langsung instruksikan seluruh perangkat daerah untuk bergerak cepat menangani dan membantu para korban musibah kebakaran.

Bupati Taput Nikson Nababan melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Marihot Simanjuntak menginstruksikan kepada seluruh OPD terkait untuk segera mengambil langkah teknis.

Dalam instruksinya Nikson Nababan menegaskan yang disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Marihot Simanjuntak menyebutkan, Sambil kita membenahi lokasi kebakaran, kita juga harus segera membenahi parkiran bekas pajak buah untuk dijadikan relokasi sementara bagi para korban kebakaran para pedagang agar roda perekonomian masyarakat tetap berputar", Marihot Simanjuntak saat memimpin rapat bersama perangkat daerah.

Disebutkannya, "Saat ini 2 unit damkar masih beroperasi untuk melakukan pendinginan pada lokasi kebakaran berikut 2 unit alat berat Dinas PU sedang melakukan pembenahan di lokasi parkiran bekas pajak buah untuk dijadikan relokasi sementara bagi para pedagang dan langsung mendirikan posko penanganan", jelas Marihot Simanjuntak.

Kepala Dinas Koperindag dan UMKM Gibson Siregar menyampaikan total bangunan rusak sebanyak 821 unit diantaranya Kios 121 unit, balairong sebanyak 244 unit dan undung-undung sebanyak 456 unit.

"Data tersebut merupakan jumlah bangunan terbakar dan juga akibat dirusak untuk kebutuhan evakuasi", jelas Gibson Siregar.

Terpisah, Asisten Asisten Pemerintahan dan Kesra Bahal Simanjuntak menekankan pentingnya koordinasi antara Dinas Perhubungan dan pihak pasar, terkait arus lalulintas dan bongkar muat di sekitar lokasi pasar.

Asisten Administrasi dan Umum Binhot Aritonang juga berpesan agar pendataan kerugian terkait asset pemerintah juga dilakukan dengan baik.

Diakhir rapat, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Marihot kembali menekankan perlu secepatnya dilakukan relokasi pedagang namun harus diatur dengan jelas dan tegas sehingga tidak menjadi dilema dikemudian hari.

"Perlu penataan pedagang dengan baik dan dilakukan komunikasi serta sosialisasi kepada para pedagang.Perangkat Daerah terkait segera mempersiapkan usulan kepada Pemerintahan Atasan terkait pembangunan permanen pasar Tarutung", ucap Marihot Simanjuntak menutup pertemuan tersebut.

Selain para pimpinan Perangkat Daerah, rapat tersebut juga dihadiri Camat Tarutung Reinhard Lumban Tobing, Kepala Desa Simamora yang digelar bertempat di ruang rapat Dinas Koperindag dan UMKM.