PALAS - Pemkab Padanglawas (Palas) daftarkan 4 Desa Wisata untuk mengikuti ajang Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2024. Keempat Desa Wisata yang didaftarkan tersebut antara lain, Desa Wisata Padang Garugur (Objek Wisata Candi Djoreng Belangah) berlokasi di Kecamatan Barumun Tengah dan Desa Wisata Siparau (Objek Wisata Candi Sipamutung) berlokasi di Kecamatan Barumun Tengah.

Dan Desa Wisata Paringgonan (Objek Wisata Aek Milas) berlokasi di Kecamatan Ulu Barumun dan Desa Wisata Sayur Matua (Objek Wisata Agro Tani Desa Binaan USU Medan) berlokasi di Kecamatan Aek Nabara Barumun.

Didaftarkan ke 4 Desa Wisata Kabupaten Palas tersebut, disaat Pj Bupati Padanglawas(Palas) Dr. Edy Junaedi Harahap,S.STP, M.Si didampingi Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Bapak M. Rasyidi Hasibuan, S.Pd, MM, berkoordinasi dan konsultasi peningkatan sarana dan prasarana daya tarik wisata di Kabupaten Palas dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif(Kemenparekraf) di Jakarta,Jumat(5/4/2024).

Kedatangan Pj Bupati Palas ke Kemenparekraf diterima Direktur Pemasaran Parawisata Nusantara, Dwi Marhen Yono,S.STP,M.Si,di Lantai 20 Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf,Jalan Medan Merdeka Barat No. 17 Jakarta.

Dipertemuan tersebut, Dwi Marhen Yono, S. STP, M.Si menyampaikan, agar Kabupaten Padanglawas sesegera mungkin mendaftarkan Desa Wisata yang ada di daerah setempat ke dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2024 secara online.

Ia mengatakan,pendaftaran ADWI Tahun 2024 diperpanjang sampai dengan 14 April 2024. Dengan didaftarkannya desa wisata yang ada di Palas,tentu kedepan akan dapat dikembangkan dan diajukan untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat dalam hal ini Kemenparekraf.

Disela koordinasi dan konsultasi, Pj. Bupati Palas juga menyerahkan proposal bantuan dari Pemerintah Pusat untuk Peningkatan Sarana dan Prasarana Daya Tarik Wisata Desa Wisata Candi Djoreng Belangah, Desa Wisata Candi Sipamutung, Desa Wisata Aek Milas Paringgonan dan Desa Wisata Sayur Matua Wisata Agro Tani Desa Binaan USU Medan.

Di akhir pertemuan, Pj. Bupati Palas berharap, pertemuan ini membawa dampak positif terhadap perkembangan Pariwisata di Kabupaten Palas ke depannya.