PALAS - Momen Ramadhan menjadi ajang silaturahmi dengan sesama dimanfaatkan Posbakumadin Kabupaten Padanglawas(Palas) buka puasa bersama pegawai Rutan Klas II B Sibuhuan Kanwil Kemenkumham Sumut dan warga binaan. Kegiatan buka puasa bersama dilaksanakan diruang blok tahanan Rutan Klas II B Sibuhuan sebagai bentuk untuk saling berbagi dengan sesama.
 
Ketua Posbakumadin Padanglawas, Ibrahim Husein SH mengatakan, momen 
berbuka puasa bersama bagi warga binaan yang berurusan dengan hukum, sudah pasti menjadi pemandangan yang mengharukan dan penuh kekeluargaan.
 
Dikatakan, buka puasa bersama dengan pegawai Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Sibuhuan Kanwil Kemenkumham Sumut menjadi kegiatan mulia.
 
"Ratusan warga binaan Rutan Sibuhuan bersama pegawai Rutan Klas II B Sibuhuan, berkumpul bersama menjadi satu silah diruang blok tahanan untuk menikmati buka puasa bersama sebagai kebahagian yang tidak dapat dibayangkan," kata Ibrahim Husein,Kamis(4/4/2024).
 
Menurut Ibrahim, berbuka puasa bersama ini menjadi momentum mempererat talisilaturahmi antara Posbakumadin dengan warga binaan Rutan Klas II B Sibuhuan.
 
"Bisa berkumpul dengan ratusan warga binaan, seolah -olah berkumpul dengan sanak saudara yang menjadi kesempatan untuk saling mengenal satu dan lainnya," ucap Ibrahim.
 
Ia menambahkan, senang bisa berkumpul dengan warga binaan untuk berkesempatan buka puasa bersama dalam menjalin sinergi dan kebersamaan untuk bersilaturahmi.
 
Sementara itu, Kepala Rutan Klas II B Sibuhuan Kanwil Kemenkumham Sumut,Elizama Gori,SH melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan, Rudi T.Halomoan Sinaga,SH mengatakan, kegiatan buka puasa bersama dengan pihak Posbakumadin ini dalam rangka menbangun sinergi kerjasama yang baik.
 
"Kegiatan buka puasa bersama ini, menjadi salah satu program kegiatan rohani dan kegiatan ibadah bagi warga binaan,walaupun dibalik jeruji besi tetapi ibadah puasa tetap dilaksanakan,"terangnya.
 
Momen ramadhan ini membawa berkah dan hidayah bagi penghuni Rutan Klas II B Sibuhuan,karena secara bersama menikmati hidangan buka puasa bersama dengan Posbakumadin.
 
Rudi menambahkan, kegiatan buka puasa bersama dengan para warga binaan,agar mereka selalu berbuat kebaikan dan ibadah selama menjalani pembinaan didalam Rutan Klas II B Sibuhuan.
 
"Kegiatan buka puasa bersama ini juga bisa menurunkan tingkat stress maupun emosi dari warga binaan. Apalagi mendekati Lebaran, emosinya kadang labil karena saking rindunya dengan keluarga dan tempat tinggalnya,"tutupnya.