SAMOSIR - Bupati Samosir diwakili Sekretaris Daerah, Marudut Tua Sitinjak bersama unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara melakukan penaburan bibit ikan nila sebanyak 290.000 ekor ke Danau Toba, Senin (1/4/2024). Bibit ikan nila ditabur di dua titik, yakni di Pelabuhan Onan Runggu, dan di Kawasan Alur Tano Ponggol Kecamatan Pangururan, diikuti Wakil Ketua DPRD Samosir, Pantas M. Sinaga, Pabung 0210/TU, G. Sebayang, Kapolres Samosir diwakili Kasat Binmas, AKP. H. Rajagukguk, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara diwakili Kabid Perikanan, Tangkap Jenni Masniari, Plt. Kadis Ketapang Pertanian, Tumiur Gultom, Camat Pangururan, Robintang Naibaho, dan Lurah Pasar Pangururan, Tiodora Manalu.

Atas kegiatan penaburan bibit ikan tersebut, Camat Pangururan, Robintang Naibaho menyampaikan terima kasih atas dipilihnya kawasan Pangururan sebagai salah satu lokasi restocking ikan nila.

"Hal ini tentu akan lebih menambah semangat dalam melestarikan Danau Toba", singkat Robintang.

Kabid Perikanan Provsu, Jenni Masniari menjelaskan, kegiatan restocking itu atas usulan dari Dinas Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir.

"Atas usulan Dinas Ketahanan pangan dan pertanian Kabupaten Samosir, maka hari ini dilakukan penaburan benih ikan nila sebanyak 290.000 ekor di dua titik, yakni di kawasan Alur Tano Ponggol sebanyak 150.000 ekor, dan di Pelabuhan Onan Runggu sebanyak 140.000 ekor", ungkap Jenni.

Selain itu tambah Jenni, restocking ini dilakukan dalam upaya meningkatkan produksi dan menjaga habitat ikan nila di perairan Danau Toba.

Atas kegiatan itu, Wakil Ketua DPRD Samosir, Pantas M. Sinaga mengapresiasi Dinas Kelautan dan Perikanan Provsu akan perhatiannya dalam mendukung kecukupan ikan di Danau Toba

"Kami sangat mengapresiasi penaburan bibit ikan hari ini, apalagi pasca ditertibkan nya keramba jaring apung di kawasan Danau Toba yang dialihkan ke perikanan tangkap dan perikanan darat", ujar Pantas.

Pantas berharap, kedepannya agar kegiatan serupa dapat juga dilakukan di embung dan pea (danau kecil) yang ada daratan Pulau Samosir, dalam rangka peningkatan perekonomian masyarakat sekitar.

Tidak lupa, Bupati Samosir diwakili Sekdakab Samosir, Marudut Tua Sitinjak dalam arahannya mengatakan, kegiatan tersebut merupakan sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Samosir dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

"Pemerintah Kabupaten Samosir meminta hendaknya kerjasama yang baik ini dapat terus ditingkatkan dan berbagai usulan-usulan pembangunan dari Pemerintah Kabupaten Samosir dapat menjadi perhatian dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara", ucap Marudut Tua Sitinjak.