MEDAN - Sebanyak 68 siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Medan lulus jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) di berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia. Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Medan Mukhlis S.Pd, mengaku bangga dengan capaian prestasi yang sudah ditorehkan siswa-siswa kelas XII. 
 
"Tahun ini dari sisi grade ada peningkatan, tapi jumlah agak menurun. Tahun kemarin itu yang kedokteran hanya 2, tahun ini ada lima, tiga diantaranya di UGM," ujarnya, Senin (1/04/2024) di ruang kerjanya.
 
Mukhlis merinci, dari 68 siswa tersebut, 22 diantaranya lulus di Universitas Gajah Mada (UGM), dengan berbagai program studi. Kemudian 17 di Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Negeri Medan (12), Polmed (6), IPB (2), UB (1), UI (1), Unand (2), Undip (1), UNP (1), Unpad (1), UVN Jakarta (1) dan UVJ Jogjakarta (1).
 
Mukhlis mengklaim tahun ini masih menjadi sekolah terbanyak yang siswanya lulus jalur SNBP di Kota Medan.
 
Lelaki berdarah Aceh ini mengaku, dalam menciptakan siswa yang lulus di PTN unggulan pihak sekolah memberikan fasilitas terbaik kepada siswanya. Seperti pendampingan pesikotes yang diberikan sekolah secara gratis. 
 
"Kami memberikan pendampingan pesikotes secara gratis kepada siswa-siswa untuk mengetahui apakah siswa tersebut siap dan mampu dengan jurusan yang mereka pilih. Pendampingan gratis ini kami ambil dari dana BOS," jelasnya.
 
Meskipun siswa yang lulus di PTN tidak mencapai target 100 siswa. Tetapi Mukhlis optimis hampir semua siswa kelas XII akan kuliah baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta.