INHU – Bupati Inhu Rezita Maylani yopi, SE, meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang pertama, Kamis (28/3/2024). Peresmian  tersebut dilaksanakan di halaman Kantor PLN UP3 Rengat Jalan Lintas Timur Kelurahan Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Inhu.
 
"Peresmian SPKLU ini adalah yang pertama sekali di Inhu, kedepannya kabupaten tetangga akan menyusul, juga peresmian SPKLU ini tak lepas dari dukungan pemerintah daerah dan masyarakat," ujar Bupati Inhu.
 
Kedepan lanjutnya, jika terjadi peningkatan atau minat masyarakat terhadap kendraan ramah lingkunan, mau tidak mau PLN akan membangun SPKLU untuk kebutuhan pengguna mobil listrik.
 
 
Bupati Inhu menyampaikan sebelum peresmian SPKLU, hal ini mulai terlaksana sejak diterbitkannya peraturan presiden ( perpres ) no : 55 tahun 2019 tentang percepatan program kendraan berbasis bateai.
 
Ia juga menyampaikan, penggunaan kendaraan listrik ini nantinya menjadi solusi pengurangan polusi pencemaran lingkungan.
 
Karena polusi terjadi disebabkan emisi karbon kendaraan yang menyebabkan pencemaran udara, maka dengan tehnologi kendaraan listrik akan raih ramah lingkungan.
 
Memang diharus akui sebutnya, penggunaan kendaraan listrik pada masyarakat belum sesuai harapan, sebab untuk merubah paradigma masyarakat menjadi tantangan dan perlu edukasi yang dilakukan secara berkelanjutan oleh para pihak.
 
Ia menjelaskan dengan hadirnya SPKLU ini dapat menjadi pembuka aksesibilitas yang lebih luas pada masyarakat. Tentu dengan pertimbangan bagi kendaraan listrik sebagai mode dan tren transportasi dimasa depan terhadap lingkungan.
 
 
"Saya ucapkan terimakasih dan penghargaan yang  besar kepada keluarga besar PT. PLN UP3 Rengat, dimana PLN adalah mitra pemerintah daerah dalam mendukung serta bermontribusi terhadap pembangunan terutama disektor Listrik, danterus memberikan pelayanan kepada masyarakat Inhu," tutup Bupati.
 
Turut hadir dalam acara ini di antaranya, General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Riau dan Kepulauan Riau Parulian Noviandri, Manager PT PLN (Persero) UP3 Rengat Suharno beserta seluruh Pegawai PLN, Forkopimda, kepala OPD, Pimpinan BUMD, Ketua DPRD Inhu.
 
 
 
Suharno Manager PLN UP3 Rengat  dalam sambutannya mengucapkan," Terimakasih kepada seluruh hadirin atas kehadirannya untuk  hadir dalam acara peresmian SPKLU ini sekaligus lakukan buka bersama," ujarnya.