SAMOSIR - Bupati Samosir, Vandiko Gultom dan Kepala Kepolisian Resort Samosir, AKBP. Yogie Hardiman melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dalam rangka pengamanan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) 2024 sebesar Rp. 4.150.000.000,00 berlangsung di Rumah Dinas Bupati Samosir, Rabu (27/3/2024). Bupati Samosir Vandiko T. Gultom berharap dengan adanya NPHD tersebut, Pemilukada tahun 2024 di Kabupaten Samosir yang akan diselenggarakan pada bulan November mendatang dapat berjalan aman, tertib, dan lancar.

"Saya berharap kita dapat bersinergi dengan baik, mengantisipasi segala hal-hal konflik apapun di lapangan. Dan dengan diserahkannya NPHD ini, harapan kami seluruh kegiatan Polres Samosir mulai dari tahapan hingga penyelenggaraan pemilu terakomodir pengamanannya sampai akhir", kata Bupati.

Bupati juga mengajak komisi pemilihan umum (KPU), badan pengawas pemilu (Bawaslu), dan seluruh stakeholder agar bersinergi yang baik, guna mewujudkan dan suksesnya Pemilukada Kabupaten Samosir sebagaimana suksesnya pemilu pada Februari yang lalu.

"Saya yakin Polres Samosir sudah menyusun langkah-langkah awal persiapan pengamanan Pemilukada di Samosir. Untuk itu, saya mengajak kita semua, mari kita sukseskan Pemilukada 2024 semoga berjalan aman, lancar, dan tertib", ajak Bupati, Vandiko Gultom mengakhiri.

Sebelumnya dipaparkan, perjanjian hibah ini berlaku sejak dimulainya tahapan pemilihan umum kepala daerah di Kabupaten Samosir sampai dengan 3 bulan setelah pengusulan pengangkatan calon terpilih.

Adapun dana yang tertuang dalam NPHD yang diserahkan Pemerintah Kabupaten Samosir kepada Kepala Kepolisian Resort Samosir, untuk penyelenggaraan Pemilukada mulai dari tahap persiapan, penyelenggaraan hingga berakhirnya Pemilukada.

Penandatangan NPHD berlangsung sesuai dengan amanah UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Permendagri Nomor 54 Tahun 2019 tentang pendanaan kegiatan pemilihan Gubernur, Bupati/Walikota yang bersumber dari anggaran dan pendapatan belanja daerah (APBD).

Sementara itu, Kapolres Samosir, AKBP. Yogie Hardiman menyampaikan kesiapan Polres Samosir dan menjelaskan bahwa setiap tahapan pengamanan sudah disusun kegiatan dan anggarannya, sesuai dengan hasil koordinasi dengan KPU dan Bawaslu Kabupaten Samosir.

"Kami telah siap melakukan pengamanan dalam setiap tahapan Pemilukada 2024 di Kabupaten Samosir. Dan kami juga tidak lupa mengucapkan rasa terima kasih atas kerjasama ini", singkat Yogie Hardiman.

Pada acara penandatanganan, turut hadir Asisten I, Tunggul Sinaga, Asisten II, Hotraja Sitanggang, Staf Ahli Bupati, Rudi Siahaan, Kepala Badan Kesbangpol, Dumosch Pandiangan, Ketua KPU Kabupaten Samosir, Vincent Sitinjak , Sekretaris Bawaslu Samosir, Rita Bakara, dan pimpinan OPD lainnya.