SAMOSIR - Pada kegiatan penegakan ketertiban dan disiplin (Gatibplin) bidang profesi dan pengamanan (Bid Propam) Kepolisian Daerah Sumatera Utara terhadap seluruh jajaran personil Kepolisian Resort Samosir, Kamis (21/3/2024) dilakukan tes urine kepada 12 personil secara acak dan hasilnya negatif. Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kanit Hartib Subbid Provos, AKP. Natal F. Saragih, S.Pd bersama 3 orang personil dari Subdit Provos itu dilakukan, guna mewujudkan dan meningkatkan norma dan sikap kedisiplinan personil Polres Samosir.

Pada kesempatan itu, pejabat sementara Kasi Propam Polres Samosir, IPDA. Darmono, S.H mengatakan, kegiatan Gatiblin ini dilakukan selain untuk menegakkan kedisiplinan anggota, juga untuk meminimalisir, serta mencegah terjadinya pelanggaran yang dilakukan oleh seluruh anggota Polres Samosir agar terhindar dari permasalahan baik disiplin maupun kode etik profesi Polri.

"Jika ditemukan anggota yang melakukan pelanggaran, langsung diberikan penindakan ditempat guna memberikan efek jerah seperti personil Polres Samosir berpakaian dinas Polri namun ditemukan berambut tidak sesuai aturan dan langsung dilakukan pemotongan rambut di lapangan Mako Polres Samosir", kata Darmono.

Dijelaskan lebih lanjut, sasaran Gaktibplin ini adalah sikap tampang, seragam yang rapi, atribut kepolisian yang wajib digunakan, surat nyata diri diantaranya, kartu anggota, kelengkapan SIM dan STNK maupun KTP. Selain itu, juga pemeriksaan ruang tahanan, ruang SPKT, ruangan penjagaan Sat Samapta dan gudang senjata.

"Hasil kegiatan Gatiblin hari ini, semua personil Polres Samosir dalam keadaan rapi dan ruangan yang diperiksa dalam keadaan aman, bersih dan masih sesuai dengan aturan", ungkap Darmono.

Adapun 12 personil yang tes urine secara acak pada Gatibplin berlangsung, 2 orang diantaranya dari jajaran Perwira, dan 10 orang dari Bintara yang dilakukan langsung oleh dr. Ganda Nainggolan dengan hasil semua negatif menggunakan narkoba.

Diakhir kegiatan, Bid Propam Polda Sumut juga memeriksa kendaraan dinas Polres Samosir diantaranya pemeriksaan kelengkapan, keadaan mesin dari kendaraan roda dua, juga kendaraan roda empat. Dan pemeriksaan untuk pribadi personil pemegang kendaraan dinas, dilakukan pemeriksaan kelengkapan SIM dan STNK.

“Dengan diadakannya pemeriksaan Gaktibplin ini, diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan, dan kesadaran anggota bahwasannya disiplin dalam diri menunjukkan kesiapan anggota dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat", tutup Darmono.

Usai melakukan kegiatan Gatiblin di Mako Polres Samosir, Bid Propam Polda Sumut bersama Kasi Propam Polres Samosir melanjutkan kegiatan yang sama ke jajaran personil Polres Samosir yang bertugas dimasing-masing Polsek.