TOBA -  Polda Sumut menyediakan posko trauma center serta menyiagakan 16 ambulance dalam ajang F1 Powerboat (F1H2O) Danau Toba. Dari jumlah ini, tiga diperuntukkan bagi atlet bila mengalami kecelakaan. "Posko trauma center merupakan tempat awal untuk pertolongan medis pengobatan bila ada atlet yang mengalami kecelakaan, sebelum di rujuk ke rumah sakit tertentu bila dibutuhkan sesuai kondisi korban (atlet) yang mengalami kecelakaan" ungkap Kabid Dokkes Polda Sumut, Kombes Harry Kamijantono. 
 
 
Kombes Harry menyebutkan pihaknya menyediakan 3 ambulance untuk menangani dan membawa atlet ketika mengalami gawat darurat. Ambulans ini dilengkapi dengan oksigen, ventilator, serta peralatan pendukung lainnya.
 
"Bila tidak cukup ditangani di ambulans, maka pasien akan dirujuk ke rumah sakit tertentu seduai yang telah ditentukan standartnya," ujarnya. 
 
Di samping itu, pihaknya juga menyiapkan ambulance untuk pengunjung jika ada yang mengalami musibah kecelakaan. 
 
 
"Khusus untuk para pengunjung 13 ambulance telah dipersiapkan untuk digunakan bagi pengunjung yang mengalami kecelakaan atau sakit mendadak," ujarnya.
 
Ambulance ini tersebar di beberapa titik berdekatan dengan lokasi F1H20.
 
Untuk mengamankan pagelaran F1H2O Polda Sumut melibatkan 1.170 personil gabungan dalam operasi Powerbot Danau Toba 2024 yang terdiri dari TNI Kodam I/BB (Bukit Barisan), Polda Sumut, Dinas Perhubungan lalu lintas jalan raya, baik provinsi maupun Kabupaten Toba, Satpol PP, BPBD, dan Basarnas. 
 
Standar pengamanan yang diterapkan Polda Sumut membagi beberapa ring. Dimana ring utama, diatur sepenuhnya penyelenggara.