TOBA - Kepolisian Daerah (Polda) Sumater Utara gunakan face recognition (identifikasis wajah) di kejuaraan ajang balap perahu motor internasional F1 Powerboat (F1H2O) Lake Toba 2024 di Balige. Atas layanan ini Kepolisian Daerah (Polda) Sumater Utara mendapat pujian dan apresiasi dari Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

Hal ini disampaikan Komisioner Kompolnas Yusuf Warsyim di Balige, Jumat (1/3/2024).

"Teknologi yang digunakan sangat kami apresiasi. Ini adalah upaya Polda Sumatera Utara untuk memastikan pagelaran even F1 Power Boat ini semakin lebih bagus. karena kekuatan ini tentunya berlanjut di 3 tahun kedepan sesuai kontrak kesepakatan tim injourney," ujarnya.

Disampaikan Yusuf, untuk pola pengamanan tahun 2024 ada hal yang baru dengan menggunakan teknologi identifikasi wajah. Dengan penggunaan tehnologi ini diharapkan dapat mendeteksi pengunjung tanpa ada gangguan.

"Dengan penggunaan tehnologi ini tentu sangat membantu personel yang bertugas, untuk melihat pengunjung yang dicurigai seperti terkait tindakan terorisme atau daftar pencarian orang (DPO) dan teknologi face recognition ini baru kami temukan," ungkap Yusuf.

Ditambahkannya, pengamanan yang baru ini sangat bagus untuk ke depannya, tinggal Polda Sumut terus memperbaiki atau menyempurnakan melalui analisis dan evaluasi.

"Karena kami melihat tahun ini lebih baik dari tahun lalu, kami lihat menjelang perlombaan kesiapan pengamanan sudah 100 persen," ucapnya.

Yusuf mengaku optimis dalam pengamanan ajang internasional F1 Powerboat  ini Polda bisa mendorong Polres Toba secara mandiri mengelola pengamanannya.