TOBA - Untuk menyukseskan pagelaran F1H2O Lake Toba 2024 Polda Sumut memasang peralatan pengamanan modern untuk membantu personil menjaga keamanan dan ketertiban. Hal ini disampaikan Kapolda Sumut Irjend Pol. Agung Setya Imam Effendi,S.H, S.I.K, M.Si di sesi acara temu pers di media center F1H20 Lake Toba 2024 Pelabuhan Muliaraja Balige, Sabtu (2/3/2024).
 
Peralatan modern yang digunakan salah satunya kamera CCTV untuk mengidentifikasi setiap pengunjung yang masuk di dalam venue utama.
 
Kamera CCTV ini langsung terkoneksi dengan Divisi Informasi Kepolisian yang ada di Polda (Sumut) dan Mabes Polri. 
 
Kamera CCTV yang terpasang lebih dari 40 dari jenis stasioner (tak bergerak) dan portable yang dipasang di beberapa titik. CCTV dipasang mulai dari sekitar kawasan venue pelabuhan Balige, Bandara Sisingamangaraja XII Silangit, lokasi parkir dan di lokasi-lokasi strategis lainnya.
 
Peralatan modern ini digunakan Polda Sumatra Utara bersama Kodam I/BB untuk mendukung pengamanan penuh di gelaran event F1H2O supaya terselenggara dengan baik, aman dan lancar.
 
Untuk peralatan pengamanan yang digunakan sesuai standar pengamanan internasional yang diterapkan Polda Sumut bersama Kodam I/BB di gelaran event balapan perahu super cepat (F1H2O) Lake Toba 2024, dimana untuk Lombanya digelar mulai hari ini Sabtu (2/3/2024) hingga esok Minggu (3/3/2024).
 
"Untuk personil pasukan pengamanan event F1H2O Lake Toba 2024 Polda Sumut melibatkan 1.170 personil gabungan dalam operasi Powerbot Danau Toba 2024 yang tergabung dari personil TNI Kodam I/BB, Mabes Polri dan Polda Sumut, Dinas Perhubungan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya Provinsi dan Kabupaten Toba, Satpol PP, BPBD, dan Basarnas," terangnya.
 
1.170 personel gabungan TNI-Polri dan petugas lainnya bertugas di lapangan selama Event digelar yang didukung dengan sarana penunjang pusat komando (command center) yang berlokasi di mess Pemprov Sumut.
 
Command Center itu diawaki operator dari bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dibawah kendali Kepala Biro Operasional berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP).
 
Inilah yang mengendalikan seluruh proses penyelenggaraan keamanan dalam radius 5 Km. karena yang terjauh adalah kantong parkir di radius 5 Km serta menerjunkan personel polisi pariwisata yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris selama kegiatan F1 Powerboat, ujarnya.
 
Untuk personil dari Direktorat Pam Ovit Polda Sumut bertugas menyampaikan sosialisasi Kamtibmas dengan bahasa Inggris kepada wisatawan yang datang dari luar negeri ke Danau Toba untuk menyaksikan F1 Powerboat,” imbuhnya.
 
Ia berharap dengan kehadiran personel di tempat wisata Danau Toba mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat luas khususnya para wisatawan yang datang berwisata dari luar negeri ke Balige Kabupaten Toba.
 
Dalam menjalankan tugas dan fungsinya seluruh personel yang bertugas dan ditempatkan di berbagai titik posisi terus proaktif menjalankan tugasnya termasuk memberikan sosialiasasi kepada warga di sekitar Balige untuk mendukung suksesknya perhelatan F1 Powerboat,” tutupnya.