Toba - Sebanyak 8 unit drone liar yang tidak memiliki izin terbang di sekitar venue F1 Powerboat, Sabtu (2/3) dengan tegas ditindak Brimob Polda Sumut. Pelumpuhan ini dilakukan dalam operasi Subsatgas Anti Drone oleh personel Satuan Brimob Polda Sumut terhadap 8 unit drone yang melanggar aturan terbang di area yang ditetapkan.

Beroperasinya Drone liar tersebut telah mengganggu keamanan dan privasi serta potensial mengancam jalannya event internasional yang digelar di Danau Toba depan Veniu F1H2O Balige.

Dansat Brimob Polda Sumut selaku Kasatgas IV Tindak diwakili Kasubsatgas Anti Drone Sat Brimob Polda Sumut, Iptu Nursaleh mengatakan, tindakan tegas yang dilakukan merupakan bagian dari upaya adalah bagian dari keamanan selama berlangsungnya kegiatan F1 Powerboat World Championship Lake Toba 2024.

"Kami tidak mentolerir keberadaan drone liar yang dapat mengganggu jalannya event. Tindakan yang dilakukan sebagai peringatan keiada setiap pihak-pihak teryentu yang berpotensi melanggar peraturan terbang drone," tegasnya.

"Kami siap bertindak cepat dan efisien untuk melindungi wilayah pada event internasional yang berlangsung saat ini di Danau Toba Balige Kab.Toba Provinsi Sumatera Utara,".

Event F1 Powerboat World Championship 2024 ini dengan pengamanan yang dilakukan di bawah kendali Komando Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi diharapkan dapat berjalan lancar dan sukses tanpa gangguan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Personel Sat Brimob Polda Sumut bersama dengan pihak terkait akan terus melakukan langkah-langkah pengamanan untuk memastikan kelancaran dan keselamatan seluruh peserta lomba, masyarakat luas khuausnya para wisatawan.