TOBA - Bertempat di Lantai IV ruang Balai Data kantor Bupati Kabupaten Toba Jumat, (01/03/2024) tim Injourney F1 Power Boat (F1H2O) menggelar media briefing/temu pers untuk pembukaan pelaksanaan event F1H2O di Danau Toba Balige Kab Toba. Hadir antara lain, Yudistira Setiawan PGS SVP Corporate Secretary F1H2O, Kombes Pol Hadi Wahyudi,S.I.K Kabid Humas Polda Sumut, Bupati Toba Poltak Sitorus, Septriana Tangkary Direktur IPKM Kominfo, Rustam Efendi Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata Ekonomi Kreatif dan Kadis Kominfo Kabupaten Toba, Sesmon Butarbutar.

Bupati Toba Poltak Sitorus menyampaikan, Event F1H2O menampilkan artis group band Wali dari Jakarta, Radja dan Ada Band berikut ratusan UMKM dari berbagai daerah kabupaten sekawasan Danau Toba untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Disampaikannya, Event F1H20 tahun 2024 berbeda degan tahun 2023 dengan membuka kebebasan kepada pelaku UMKM dengan mendekatkannya ke venue lokasi event.

Septriana Tangkary Direktur IPKM Kominfo memgatakan, melalui peran jurnalis event F1H2O Lake Toba 2024 diharapkan event ini akan terpublikasikan dengan aktual untuk diketahui publik Dunia Internasional.

Melalui tulisan insan pers, dunia Internasional akan mengetahui keberadaan Danau Toba dengan pariwisatanya.tentunya untuk merangsang minat wisatawan untuk datang berwisata ke Danau Toba. Untuk mendongkarak itu salah satunya melalui pagelaran event F1H2O yang digelar selama 3 hari Jumat-Minggu (tanggal 1, 2 dan 3 Maret 2024) dengan tujuan utamanya untuk mendongkrak peningkatan ekonomi masyarakat dari dunia sektor pariwisata melalui pelaku UMKM.

Diakui Septriana, F1H20 Lake Toba pertama telah berjalan dengan baik dan sukses, kita berharap di event ke dua F1H2O Lake Toba 2024 lebih bagus dan lebih sukses dari event yang pertama.untuk peserta yang mengikuti event F1H2O Lake Toba 2024 sebanyak 10 Negara.

Rustam Efendi Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata Ekonomi Kreatif menyebutkan, pariwisata kita belum pulih betul sampai 2023 dengan berbagai parameter tertentu, walaupun diberitakan ada peningkatan.

Untuk pemulihan kunjungan pariwisata Indonesia pemerintah pusat bekerja sama dengan pemerintah daerah Propinsi, Kabupaten dan kota salah satunya dengan pagelaran pelaksanaan berbagai event, baik event Daerah, Nasional dan Internasional.tentunya dengan komitmen dan kolaborasi kerja sama yang sinkron secara bersama sama antara Daerah dan Pusat demikian juga dengan Kementerian terkait.

Yudistira Setiawan PGS SVP Corporate Secretary F1H2O, kehadiran event F1H2O Lake Toba tentu telah memberikan dampak postif dalam peningkatan perekonomian bagi masyarakat sekawasan Danau Toba.

Dalam upaya peningkatan ekonomi bagi masayarakat dari sektor pariwisata kami tetap berupaya melakukan pelayanan yang terbaik dengan tetap melibatkan masyarakat dengan thema " Pesta rakyat" dengan melibatkan pentas seni budaya tradisional daerah diantaranya lomba solu bolon yang digelar tanggal 2 dan 3 Maret 2024, sebutnya.


Hadi Wahyudi, harapan terbesar kita insan pers menulis yang terbaik tentang pariwisata Danau Toba untuk diketahui oleh dunia Internasional.

Poldasu menurunkan 1170 personil gabungan TNI/Polri, BASARNAS dan tim lainnya untuk pengamanan selama pelaksanaan event F1H2O Lake Toba 2024.

Untuk Standar pengamanan oleh personil gabungan TNI/POLRI adalah standar Internasional yang didukung dengan berbagai sarana pendukung dari Polri untuk mengendalikan pengamanan F1H2O hingga sejauh radius 5 KM serta menurunkan personil polisi yang berkemampuan berbahasa inggris untuk memberikan layanan pengamanan wisata kepada para tourist mancanegara.

Lanjut Wahyudi, Polres Toba tetap melakukan pengamanan sebagaimana Polres Toba pemilik dan penanggung jawab wilayah.

Untuk venue utama Polri menempatkan peralatan pemeriksaan/detektor hingga kamera pemantau di beberapa titik tertentu yang terkoneksi langsung hingga ke Mabes Polri di Jakarta.

Dalam hal ini prinsipnya TNI/Polri dalam operasi gabungan di pagelaran event F1H2O selama 2 hari pagelaran adalah untuk memberikan dan memastikan keamanan dan ketertiban di masyarakat dan para wisatawan yang hadir lebih terjaga dan terjamin keselamatannya untuk menikmati pariwisata Danau Toba.