PALAS - Tradisi adat mengulosi dan mengupah-upah dilakukan Badan Pemangku Adat (BPA) Kabupaten Padanglawas (Palas) ke PJ Bupati Palas, Dr.Edy Junaedi,S.STP,M.Si dan Pj Ketua PKK Kabupaten Palas, Nyonya Retno Hadinungsih Junaedi, Jumat (1/3/2024). Ketua BPA Kabupaten Palas, Sutan Parlindungan Hasibuan menyampaikan, upah -upah dan mengulosi ini sebagai penghormatan adat batak untuk penyemangat diri kepada Pj Bupati untuk menjalan roda pemerintahan di daerah yang dipimpin.
 
"Semoga dengan upah-upah ini dapat menambah semangat Pj.Bupati Palas dalam menjalankan roda pemerintahan yang lebih baik, agar masyarakat merasa nyaman atas pimpinannya," ucapnya usai mengulosi Pj Bupati dan Pj Ketua TP PKK Palas.
 
Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Palas, Arpan Nasution S.Sos bersama tokoh masyarakat menuturkan, upah - upah dan mengulosi ini sudah menjadi tradisi adat daerah sebagai ucapan selamat dan sehat serta sukses dalam menjalan tugas pengabdian.
 
"Kegiatan upah -upah ini, sebagai penyemanyat diri bagi pejabat daerah dalam mengemban amanah kepemimpinan di daerah setempat," ujarnya,
 
Mendapat kehormatan tradisi adat daerah, Pj Bupati Palas mengucapkan, terimakasih atas doa dan juga penyemangat kepada dirinya dan keluarga sebagai suatu kehormatan diterima di daerah ini dengan baik.
 
Ia juga berharap, dengan adanya adat upah-upah ini mampu mengembalikan semangat untuk terus membangun Kabupaten Palas kearah yang lebih maju dan sejahtera.
 
"Semoga dengan acara adat upah - upah ini, benar menjadikan penyemangat untuk menjalan tugas roda pemerintahan dengan tetap berusaha memberikan yang terbaik untuk masyarakat dan daerah," ucapnya.
 
Hadir di kegiatan upah -upah dan mengulosi, para pejabat teras pemkab palas, camat, tokoh adat.