TAPTENG - Pj Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Sugeng Riyanta, SH., MH, menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada 7  kelompok tani Tapanuli Tengah, Selasa (27/2/2024). Sugeng menyampaikan, kelompok tani yang menerima bantuan ini menjadi perhatian Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.
 
Ia juga berharap Kepala Desa dan Ketua Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI)  Kabupaten Tapteng untuk betul betul  memberdayakan masyarakat. 
 
Sebab pemerintah melalui APBN dan APBD Provinsi Sumatera Utara juga memberikan alokasi dana bantuan melalui hibah untuk membantu masyarakat mendapatkan bantuan berupa alsintan.
 
Alat dan mesin Pertanian semakin modern, sebutnya, sehingga kehadiran penyuluhan pertanian, sangat penting. Saat ini terdapat 60 penyuluh pertanian yang diberdayakan untuk membina sekitar 762 Kelompok Tani di Tapanuli Tengah.
 
"Saya mengucapkan selamat kepada kelompok tani yang mendapatkan bantuan alat pertanian, saya berpesan agar bantuan ini digunakan dengan baik, jangan dijual, semoga alat ini bermanfaat dan dapat meningkatkan hasil pertanian, untuk pemakaian jangka panjang kiranya alat dan mesin Pertanian ini dirawat dan dijaga dengan baik," kata Sugeng.
 
Adapun bantuan tersebut di antaranya combine harvester (pemanen padi otomatis) 1 unit dan hand traktor (membajak sawah) diserahkan kepada Kelompok Tani Martunas Desa Pargarutan Kecamatan Sorkam.
 
Kemudian Kelompok Tani  Indah sejati Lumut  mendapatkan  1 unit cultivator (penggembur tanah) dan Kelompok Tani Aek Bottot Tukka masing masing mendapatkan 1 unit cultivator (penggembur tanah).
 
Selanjutnya, 35 unit handsprayer  (alat semprot) diserahkan masing-masing 7 unit kepada Kelompok Tani Martunas Kecamatan Sorkam, 7 unit Kelompok Tani Saroha Desa Mombangboru Kecamatan Sibabangun, 7 unit Kelompok Tani Karya Desa Lopian Kecamatan  Badiri, 7 unit  Kelompok tani Makmur Desa Sitio Tio Hilir Kecamatan Pandan dan 7 unit Kelompok Tani Gabe Marsada Desa Panjalihotan Baru, Kecamatan Pinangsori.
 
Kegiatan ini turut dihadiri Plh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Tapteng Drs. Hikmal Batubara, Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Tapteng Siti Alam S.Pd. Asisten Administrasi dan Umum Setdakab Tapteng Dra Nurjalilah,  Plt Kadis Pertanian Tapteng Nurhalimah Hutagalung S.TP para Camat Kepala Lurah/Desa serta Kelompok Tani penerima bantuan.