MEDAN - Perhelatan Event Internasional balapan F1 power boat bakal segera digelar didanau vulkanik terbesar yaitu danau toba. Polisi melakukan berbagai langkah persiapan dengan menurunkan Sebanyak 1.170 personel gabungan yang akan melakukan pengamanan event tahunan F1 Powerboat yang digelar sejak 2 hingga 3 Maret 2024 mendatang.
 
"Polisi akan melakukan manajemen rekayasa lalu lintas sehingga masyarakat dapat mudah mengakses kegiatan tersebut," kata Kapolda Sumut saat memimpin Apel gelar pasukan pengamanan di Lapangan Mapolda Sumut, Selasa (27/2) pagi.  
 
Turut hadir dalam kegiatan itu mewakili Gubernur Sumut, Kasdam I/Bukit Barisan, Waka Polda Sumut, Brigjen Pol Rony Samtana dan tamu undangan lainnya.
 
Kata Agung, apel gelar pasukan itu dilakukan untuk mengecek kesiapan seluruh personel pengamanan event F1 Powerboat 2024. 
 
Pengamanan seluruh rangkaian kegiatan itu dilakukan selama 8 hari sejak 27 Februari hingga 3 Maret. 
 
Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mendapatkan kontrak untuk melaksanakan event F1 Powerboat selama 5 tahun berturut sejak 2023 - 2028.
 
"Event F1 Powerboat ini digelar untuk meningkatkan pariwisata, mampu mendongkrak kunjungan wisata," sebut Kapolda.
 
Dijelaskannya, event F1 Powerboat 2024 ini diikuti 18 peserta dari 10 negara dengan kru sekira 200 orang. Pengamanan akan dilakukan secara menyeluruh.
 
Diharapkan, event internasional itu dapat menyedot antara 30 hingga 50 ribu kunjungan wisatawan. 
 
"Event (Powerboat 2023) lalu memberikan dampak positif, ekonomi masyarakat semakin baik," pungkasnya.