PALAS- Personel Polres Padanglawas(Palas) melakukan pengamanan aksi unjuk rasa yang dilakukan massa pendukungan salah satu caleg yang tergabung di Aliansi Mahasiswa dan Pemuda.


Massa mengeruduk halaman Kantor Bawaslu Kabupaten Palas yang berlokasi di Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan, Senin(26/2/2024),dengan membawa spanduk serta sejumlah poster yang bertuliskan"Bawaslu Diminta Tegas,Kecurangan Pemilu".

Massa aksi yang berjumlah puluhan orang ini, menuntut seluruh leading elemen sector Bawaslu Kabupaten Palas untuk mengevaluasi serta menjalankan tugasnya dengan semestinya sesuai dengan asas demokrasi langsung,umum,bebas rahasia,jujur dan adil(Luber dan Jurdil).

Koordinator aksi, Ilham Azhari Nasution dan Amri Hasibuan dalam orasinya, mendesak Bawaslu memberikan rekomondasi supaya dilaksanakan PSU di TPS 004 dan 006 Pasar Binanga,Kecamatan Barumun Tengah.

Selain itu, massa menduga adanya oknum KPPS di TPS 004 dan TPS 006 Pasar Binanga, Kecematan Barumun Tengah sebagai tim sukses salah satu caleg PKB Nomor urut 2.

Pengakuan Linmas dan salah satu KPPS ,lanjut Ilham, ikut dalam pertemuan sesama anggota KPPS untuk perencanaan pengelembungan suara kepada caleg PKB Nomor urut 2.

"Kami menduga adanya pemindahan suara pemilu ke caleg nomor 2 oleh KPPS di TPS 004 dan TPS 006 Pasar Binanga.Untuk itu,kami meminta ketegasan Bawaslu Palas," ujar Ilham yang langsung diamimi oleh massa lainnya.

Kapolres Padanglawas,AKBP Diari Astetika,S.I.K melalui Kasat Samapta,AKP Mhd Husni Yusuf mengatakan, pengamanan
dan pengawalan aksi unjuk rasa di Bawaslu ini, berjalan dengan tertib dan lancar yang diterima langsung Ketua Bawaslu Palas,Alex Sabar Nasution bersama dua Komisioner Bawaslu.

"Ini bentuk pelayanan kami, memastikan kegiatan penyampaian aspirasi yang dilakukan massa mengatasnamakan Aliansi Mahasiswa dan Pemuda di kantor Bawaslu Kabupaten Palas hari ini, berjalan dengan aman dan tertib" ungkapnya.

Setelah melakukan orasi dan mendapat jawaban dari Ketua Bawaslu Palas, massa aksi berangsur meninggalkan halaman kantor Bawaslu Palas.

"Alhamdulilah aksi unjuk rasa oleh massa dalam menyampaikan aspirasi terkait kecurangan pemilu serentak berjalan dengan aman dan tertib," tutupnya.