PALAS - Dalam rangka penyusunan rencana kerja tahun 2025, digelar kegiatan m usyawarah perencanaan pembangunan(Musrenbang) Kecamatan untuk wilayah zona Eks Barrumun Tengah yang meliputi enam kecamatan.

Kegiatan Musrenbang Kecamatan untuk zona eks Barumun tengah meliputi enam kecamatan yaitu Kecamatan Barumun Tengah, Aek Nabara Barumun, Sihapas Barumun, Huristak,Barumun Barat dan Lubuk Barumun,dipusatkan di Aula kantor Camat Sihapas Barumun,Selasa(20/2/2024).

Kegiatan musrenbang melibatkan, unsur lintas sektoral untuk menampung berbagai usulan prioritas pembangunan di wilayah enam kecamatan untuk selanjutnya disampaikan ke Musrenbang tingkat Kabupaten Palas.

Pj Bupati Padanglawas, Dr.Edi Junaedi,S.STP, M.Si diwakili Asisten II, Drs.H.Marza Zennova membuka Musrenbang mengatakan, kegiatan ini dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025.

Dikatakan, musrenbang ini merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas, menyepakati, mendiskusikan dan akhirnya menetapkan program-program kegiatan prioritas menjadi skala prioritas yang tercantum dalam daftar usulan perencanaan kegiatan pembangunan desa yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan.

“Hasil Musrenbang ini nanti masuk dalam berita acara kesepakatan dan di tandatangani oleh unsur yang mewakili pemangku kepentingan di masing-masing kecamatan,” ujarnya.

Marza berharap, kegiatan Musrenbang ini dapat berjalan dengan lancar serta dilandasi dengan semangat bersama.

“Hasil Musrenbang ini nantinya, akan menjadi ketetapan bersama. Karena semua persoalan di tingkatan kecamatan, lebih mengetahuinya para pemangku kepentingan dimasing -masing kecamatan,"tambahnya.

Selanjutnya hasil musrenbang ini akan dilanjutkan ke tingkat kabupaten untuk ditetapkan menjadi prioritas seiring visi misi yang tertuang di RPJMD Kabupaten Palas yang Bercahaya.

Ia menambahkan, semua usulan di musrenbang, tidak lepas dari tema besar pembangunan Palas 2024, fokus terhadap upaya transformasi ekonomi dan pengentasan kemiskinan ekstrim melalui SDM inovatif, kolaboratif, serta infrastruktur yang berwawasan lingkungan.

Sementara itu, Camat Sihapas Barumun, Leliana Harahap mewakili kecamatan lainnya berharap, usulan di musrenbang prioritas di kecamatan, diharapkan dapat di realisasi di musrenbang Kabupaten sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

Leliana menjelaskan, ada beberapa usulan yang berhasil terkumpul.seperti usulan pada musrenbang tahun sebelumnya.

“Mungkin karena keterbatasan anggaran,sehingga belum bisa terealisasi. Harapan kita usulan prioritas sesuai dengan kebutuhan masyarakat dapat direalisasikan dan ditetapkan di musrenbang Kabupaten nantinya,"pungkasnya.