BATUBARA – Lapas labuhan Ruku bekerja sama dengan KPU laksanakan simulasi pemungutan dan perhitungan suara di Lapangan Lapas Labuhan Ruku. Kegiatan ini dihadiri komisioner beserta rombongan KPU Batu Bara dan seluruh Tim KPPS Lapas Labuhan Ruku.
 
Kepala Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku Alexa kepada Gosumut.com, Selasa (6/2/2024) menyampaikan kegiatan ini perlu dilakukan untuk pemahaman tugas bagi KPPS dan mekanisme pemilihan nanti. Maka dari itu diharapkan seluruh yang terlibat dalam Pemilu ini dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaiknya-baiknya.
 
"Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) memiliki kesempatan dan pemahaman yang cukup tentang proses demokrasi, termasuk hak pilih mereka dalam Pemilu," ujarnya. 
 
Melalui kerjasama ini, kata Alexa, pihaknya mengadakan sosialisasi dan simulasi pemilu untuk memastikan kesiapan WBP dalam mengambil bagian dalam proses pemilihan umum. 
 
"Kami yakin bahwa partisipasi aktif dari WBP akan memperkuat integritas demokrasi di negara ini," ujarnya.
 
Kegiatan simulasi diikuti antusiasi seluruh petugas KPPS dan Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku. 
 
Ia berharap dengan adanya kegiatan ini petugas Lapas Kelas II A Labuhan Ruku mempunyai gambaran konkret saat Pemilu tahun 2024, ungkapnya.