PALAS - Kapolres Padanglawas (Palas) AKBP Diari Astetika S.I.K bersama Ketua Cabang Bhayangkari Palas,Ny Tenry Diari, kunjungan kerja ke Polsek Barumun Tengah. Kegiatan kunjungan kerja Kapolres disambut Kapolswk Barumun Tengah, Iptu Elimawan Sitorus,SH,MH bersama Forkopincam serta Tokoh Masyarakat dan Adat, Rabu (31/1/2024) di halaman Mapolsek setempat.
 
Kapolsek Barumun Tengah,  Iptu Elimawan SH MH mengucapkan, selamat di Polsek Barumun Tengah dalam rangka kunjungan kerja.
 
Dikatakan, wilayah hukum Polsek Barumun Tengah meliputi 5 Kecamatan dengan jumlah desa,104  serta luas daerah  1.433,12 km2 dengan warga berjumlah 39.338 jiwa.
 
Iptu Elimawan Sitorus memaparkan, penghasilan  warga  dari sumber  perkebunan.Penduduk yang tersebar di Kecamatan Barumun Tengah, suku batak Mandailing dan suku Minang.
 
"Personel yang bertugas di Polsek Barumun Tengah berjumlah 13 orang diantaranya 3 orang perwira,kami memohon penambahan personel," katanya.
 
Camat Barumun Tengah, Sarwoedi Hasibuan bersama Tokoh MUI menyampaikan, selamat datang bapak Kapolres di Barumun Tengah.
 
"Kami segenap masyarakat dan pemuka adat dan agama mendukung program Bapak Kapolres dalam menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif dan terus bersinergi dalam menjaga keamanan," katanya.
 
Kapolres Palas, AKBP Diari Astetika, S.I.K  menyampaikan, ucapan terimakasih kepada  masyarakat yang diterima dengan diulosi, merupakan suatu kebanggan bagi kami pribadi dan institusi Polri.
 
Ia berharap, dukungan masyarakat untuk Harkamtibmas untuk menciptakan keamanan, ketertiban untuk sama-sama kita jaga menjelang pemilu ini.
 
"Kasus tindak pidana untuk wilayah hukum Polsek Barumun Tengah yang menonjol sengketa tanah dan KDRT. Diharapan warga tidak mengumbar kekerasan didalam rumah tangga," harap Kapolres.
 
Disisi lain, Kapolres berharap, para kepala desa untuk bersinergi dengan Kepolisian karena jumlah personel Polres Palas hanya sekitar 29 persen dari kebutuhan personel.
 
"Kami sudah mengajukan penambahan personel kepada Bapak Kapoldasu, Irjen.Pol Agung Setya Imam Effendi, untuk diberikan tambahan ke Polres Palas," ujarnya.
 
Ditambahkan, mengingat kurangnya personel maupun SDM, maka diharapkan kerjasama kepala deaa dan perangkat desa untuk selalu berkoordinasi untuk ikut berperan mendukung terciptanya Harkamtibmas yang kondusif.
 
Kapolres mengingatkan, bila ada perselisihan antar warga baik kasus  kekerasan dalam rumah tangga, diharapkan dapat diselesaikan ditingkat desa.
 
Sesuai  data Polres Palas,kasus pidana yang paling  tinggi adalah  penyalahgunaan Narkoba.Ia berharap, mulai dari tingkat desa, sampai kecamatan dapat  mendukung program Kapolda Sumut untuk  bersih dari Narkoba.
 
“Saya tidak pandang bulu terkait penyalahgunaan narkoba baik itu anggota atau oknum polri kami akan tangkap dan  sidangkan sesuai  proses hukum," tegas Kapolres.
 
Diharapkan, sambungnya, masyarakat dapat bekerjasama dengan kepolisian, jika ada mengetahui anggota Polri yang terlibat jaringan narkotika hubungi Polres Palas melalui Kasi Propam atau Kasat Narkoba.
 
"Masyarakat silahkan lapor tindak kejahatan dan penyalahgunaan narkotika yang melibatkan anggota Polri, pelapor akan dilindungi," ungkapnya.
 
Sebaliknya, tambah Kapolres, jika ada, salah satu dalam  keluarga kecanduan narkoba, silahkan laporkan kepada kami, agar diberikan pembinaan ke tempat rehabilitasi untuk direhab
 
Hadir mwndampingi kunjungan kerja Kapolres ke Polsek Barumun Tengah, Kasat  Lantas, AKP Tongan Siregar, Kasat Narkoba, Iptu Said Rum Harahap.
 
Tampak juga hadir,  Camat Barumun Tengah, Danramil 10 Binanga, Ketua Bhayangkari Ranting Polsek Barumun Tengah, Ny. Yuli Elimawan beserta pengurus dan Ketua MUI Barumun Tengah.