PALAS - Masyarakat Kecamatan Barumun Baru, Kabupaten Padanglawas (Palas) menghibahkan tanah yang diperuntukan untuk lokasi pertapakan Puskesmas. Penyerahan  surat peryataan hibah lahan  tersebut, diserahkan langsung tokoh pemekaran Kecamatan Barumun Baru, M.Ihsan Munir Siregar,SH bersama Muallim Hasibuan dan Maruli Sangap Soaduon ke Pemkab Palas.
 
Surat pernyatan hibah lahan tersebut diterima Plt Bupati Padanglawas (Palas) drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu,C.Ht,MM,M.Si,MH didamping Sekda,Arpan Nasution,S.Sos, Selasa (30/1/2024) di ruang kerja Sekda.
 
Ihsan menyatakan, hibah lahan milik Syafaruddin Hasibuan( 61) warga Desa Mompang, Kecamatan Barumun Baru, seluas 500 meter persegi dengan ukuran panjang 57 meter dan lebar 43 meter diberikan kepada panitia pemekaran Kecamatan Barumun Baru.
 
Oleh panitia pemekaran, katanya, diserahkan kepada Pemkab Palas untuk kepentingan pertapakan pembangunan  Puskesmas Barumun Baru.
 
"Lahan yang dihibahkan tersebut diperuntukan untuk pertapakan Puskesmas Barumun Baru yang berlokasi di Desa Mompang," kata Tokoh Pemekaran Kecamatan Barumun Baru ini yang diamini Muallim dan Maruli Sangap.
 
Kata M.Ihsan, hibah lahan untuk pertapakan puskesmas, kecamatan barumun baru dihibah dengan ikhlas dan niat tulus dari Syafaruddin Hasibuan, untuk mendukung pemerintah daerah.
 
Dikatakan, sejak penyataan hibah ini, maka segala hak dan kewajiban sesuai dengan hukum dan undang-undang yang berlaku menjadi hak dan kewajiban yang menerima hibah serta segala yang ada diatas tanah tersebut menjadi hak milik penerima hibah.
 
Disisi lain, apabila lahan tersebut tidak jadi dibangun untuk pertapakan puskesmas, kecamatan Barumun Baru, maka tanah tersebut diatas kembali sepenuhnya kepada si pemilik yang menghibahkan.
 
Adapun batas-batas lahan yang dihibahkan,sebelah barat berbatas dengan tanah, Samsir Alam Syah Hasibuan dan sebelah timur berbatas dengan tanah Jotur Harahap.
 
Untuk sebelah selatan berbatas dengan tanah, Marwan Hasibuan dan sebelah utara berbatas dengan tanah, Syafaruddin Hasibuan.
 
Plt Bupati Palas mengapresiasi, partisipasi dukungan masyarakat yang dengan sukarela menghibahkan tanah miliknya untuk pemerintah.
 
"Kita patut bertemika kasih kepada Syafaruddin Hasibuan, yang ikut berkotribusi untuk mendukung kemajuan daerah dalam bidang peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat," katanya.
 
Ia berharap, peran serta masyarakat dalam mendukung program pemerintah daerah menjadi tolak ukur untuk kemajuan pembangunan daerah yang lebih maju dan berkembang.
 
"Sudah sepatutnya,partisipasi yang ditunjukan saudara Syafaruddin Hasibuan,dapat menjadi contoh ditengah  masyarakat dalam mendukung pembangunan daerah yang berkelanjutan," tutupnya.
 
Tampak hadir dikegiatan penyerahan hibah tanah tersebut, Plt Kadis Kesehatan,Hj Amelia Roitona,SKM,M,Kabid Aset BP PPKAD Palas, Asingtongan Manik, Plt Kadis PU,Ir.Amirhan Hasibuan,ST.