PALAS - Sebanyak 406 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) khusus Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kabupaten Padanglawas (Palas) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait pemungutan dan perhitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), Minggu (28/1/2024). Ketua KPU Palas, Indra Syahbana Nasution,SH,MH melalui Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara, Rahmat Habinsaran Daulay mengatakan KPPS terpilih khusus Kelurahan Pasar Sibuhuan yang akan bertugas di 58 TPS, mengikuti pelatihan bimbingan teknis (Bimtek). 
 
"Tujuan bimtek ini untuk memberikan pemahaman dalam meningkatkan pengetahuan dan kemampuan anggota KPPS, sehingga pemungutan dan perhitungan suara di TPS dapat terjaga kualitasnya dan integritasnya," katanya. 
 
"Per TPS untuk Pemilu 2024 ini ditugaskan sebanyak 7 orang dan telah diberikan pembekalan melalui bimtek. Kegiatan bimtek ini bagian dari evaluasi Pemilu 2019," terangnya.
 
Menurutnya, bimtek dirasa perlu karena beban kerja KPPS di Pemilu 2024 sangat berat. Ketika anggota KPPS tidak paham apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya di TPS, tentu akan berdampak pada kualitas Pemilu 2024.
 
"Kalau diberikan beban tugas yang mereka tidak pahami tentu mereka akan cepat lelah karena tidak tahu apa yang mereka kerjakan," bebernya.
 
Selain itu, tambah Rahmat Habinsaran, KPPS dipersyaratkan terbebas dari masalah tekanan darah, gula darah dan kolestrol. Persyaratan itu diberlakukan agar badan adhoc yang sakit dan meninggal tidak terjadi lagi saat Pemilu 2024.