PALAS - Sebanyak 30 rumah di Desa Siborna, Kecamatan Sosa Julu, Kabupaten Padanglawas (Palas) terendam banjir. Puluhan rumah itu terendam banjir setelah diguyur hujan deras dan meluap debit air sungai desa dimulai pukul 19.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB, Rabu (24/1/2024) malam.
 
"Ada 30 rumah terdampak banjir akibat luapan sungai ditambah intensitas hujan yang turun membuat di Desa Siborna terendam banjir," kata salah seorang warga mengaku marga Hasibuan.
 
Hasibuan menjelaskan, hasil pantauan di lapangan, bencana banjir yang melanda ini setinggi lutut orang dewasa atau sekitar 15-25 centimeter air.
 
"Warga yang rumah terendam air, terpaksa mengungsi kelokasi yang tidak terkena dampak banjir yang mengepung puluhan rumah warga," bebernya.
 
Camat Sosa Julu, Muliadi Hasibuan dikonfirmasi Go Sumut, Kamis (25/1/2024) mengatakan, informasi yang diterima pemerintah kecamatan, banjir yang merendam rumah warga, akibat hujan dengan intensitas tinggi ditambah meluap anak sungai di desa Siborna.
 
"Pihak telah meminta laporan dari Kepala Desa Siborna, terkait bencana banjir yang merendam puluhan rumah warga. Sampai saat ini belum ada laporannya," ungkapnya.
 
"Banjir yang merendam puluhan rumah warga, kondisi ketinggian air mulai surut saat ini dan masih aman," ujarnya.
 
Ia mengimbau, warga disetiap desa agar meningkatkan kewaspadaan dini, memasuki musim hujan saat ini.