MEDAN - Ratusan relawan Gerakan Sekali Putaran (GSP) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mendukung Pilpres 2024 berjalan sekali putaran. Dukungan itu diwujudkan dalam bentuk pembagian susu gratis dan merchandise yang dibagikan ke masyarakat di dua kecamatan Medan Denai dan Kecamatan Medan, Kota Medan, Rabu (24/1/2024).
 
Koordinator Provinsi GSP Provinsi Sumut, Deri Saputra mengatakan dengan pilpres sekali putaran pastinya akan lebih efisien baik dari segi waktu, tenaga dan anggaran.
 
Menurutnya, jika pilpres sampai ke putaran kedua, tentu itu akan merugikan masyarakat. 
 
Sebab Pilpres putaran kedua akan memakan waktu lebih lama, masyarakat harus datang 2 kali ke TPS hingga biaya pilpres sebesar Rp27 Triliun yang lebih bermanfaat jika dialihkan untuk kebijakan atau program lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat.
 
"Selain menghabiskan waktu dan energi, biaya yang cukup besar untuk pilpres dua putaran sebaiknya dikembalikan ke kas negara dan dialihkan untuk program yang lebih bermanfaat bagi masyarakat seperti subsidi pupuk, beasiswa, subsidi BBM dan lainnya," ucap Deri.
 
Lanjut Deri menyatakan, pilpres sekali putaran bukan sesuatu yang mustahil, sebab dari tiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) hanya Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang sedikit lagi melampaui 50%+1.
 
Pasangan nomor urut dua itu kata Deri merupakan pilihan anak muda dan yang mengerti anak muda.
 
"Pilpres cukup dilaksanakan sekali putaran dengan kemenangan Pak Prabowo dan Mas Gibran. Kenapa penting mendukung Mas Gibran? Ya karena GSP Sumut merasa bahwa Mas Gibran lah yang bisa merepresentasikan anak muda," jelas Deri.
 
Dikatakan Deri, Prabowo dan Gibran merupakan pasangan yang layak dan cocok memimpin Indonesia ke depan. Pasangan ini mempunyai kecintaan terhadap NKRI yang luar biasa dan perduli terhadap rakyat. 
 
Lebih lanjut Deri mengungkapkan, pada aksi ini juga sekaligus mendorong supaya pilpres berjalan damai meskipun berbeda pendapat dan pilihan tetapi tetap menjaga kerukunan dan kedamaian sesama anak bangsa.
 
"Tentu kondisi masyarakat akan jauh lebih damai. Terlebih jika masyarakat memilih paslon Prabowo-Gibran maka sudah pasti pembangunan di Sumut yang sudah dijalankan era Pak Joko Widodo akan dilanjutkan dan bahkan lebih disempurnakan," ucapnya.
 
Deri bersyukur gerakan ini mendapatkan respon positif dan antusiasme yang tinggi dari masyarakat Sumut. 
 
Masyarakat tidak ingin berlama-lama dalam keadaan suasana yang gaduh karena perbedaan pandangan terkait pilpres ini untuk itu mereka juga bersepakat untuk mendukung pilpres sekali putaran.
 
"Saat kami bagikan susu UHT, senang rasanya melihat senyuman tulus dari mereka. Orang tua yang menerima merchandise juga mendoakan agar tujuan dari GSP ini terwujud dengan kemenangan Prabowo-Gibran dalam sekali putaran," ucapnya.
 
"Intinya mereka enggak rela kalau pasangan calon lain yang menang. Bagi mereka dan GSP, hanya Pak Prabowo dan Mas Gibran yang dapat memenangkan pilpres dalam sekali putaran. Prabowo-Gibran," tambahnya.
 
Diketahui, aksi sosial pembagian 500 susu gratis dan 500 merchandise ini yang terdiri dari kaos, kalender, gantungan kunci, stiker dan flyer.
 
Pembagian susu ini  sebagai bentuk dukungan terhadap salah satu program Prabowo–Gibran untuk memberikan makan siang dan susu gratis kepada seluruh masyarakat Indonesia.
 
"Pembagian susu sebagai simbol masyarakat Sumut mendukung program makan siang dan susu gratis Prabowo–Gibran," pungkasnya.