PALAS - Panitia Pemungutan Suara(PPS) se Kabupaten Padanglawas(Palas) ikuti bimbingan teknis pemungutan dan perhitungan suara(Putungsura) Pemilu yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Palas.
Kegiatan bimtek diikuti 892 peserta PPS dari 17 Kecamatan se Palas berlangsung selama dua hari 23-24 Januari 2024,di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan,Kecamatan Barumun.

Hari pertama kegiatan bimtek, Selasa(23/1/2024) diikuti PPS dari 8 Kecamatan mencakup Kecamatan Batang Lubu Sutam sebanyak 60 peserta,Barumun Tengah,87 peserta,Sosa Timur,39 peserta.

Selanjutnya,Kecamatan Aek Nabara Barumun,75 peserta,Barumun,51 peserta,Huristak,81 peserta,Sihapas Barumun,39 peserta,Barumun Barat,30 peserta.

Untuk hari kedua,Rabu(24/1/2024) diikuti PPS dari 9 Kecamatan mencakup Kecamatan Sosa,48 peserta,Ulu Sosa,33 peserta, Sosa Julu,36 peserta, Lubuk Barumun,72 peserta,Barumun Baru,39 peserta, Sosopan,66 peserta,Barumun Selatan,33 peserta, Ulu Barumun,45 peserta dan Hutaraja Tinggi,58 peserta.

Ketua KPU Palas,Indra Syahbana Nasution,SH,MH membuka kegiatan bimtek Putungsura mengatakan, tujuan bimtek ini untuk menyamakan persepsi bagi PPS untuk penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara (Putungsura) di Pemilu serentak 2024.

Selain itu,lanjutnya, bimtek ini juga untuk memberikan pemahaman kepada jajaran PPS agar lebih mengerti tugas pokok dan fungsinya dalam penyelenggaraan Pemilu nantinya.

Ia berharap, diberikan pembekalan kepada PPS guna mengatasi kemungkinan masalah yang akan timbul dihari H pemilihan dan penghitungan suara.

"Setelah mengikuti bimtek, tentu para PPS se Palas mendapat ilmu pengetahuan terkait tentang tata cara pemungutan dan perhitungan suara sesuai mekanisme dan aturan yang telah ditetapkan,"ungkap Indra Syahbana.

Sementara itu, narasumber kegiatan bimtek,Komisioner KPU Kordinator Teknis Penyelenggara,Rahmat Habinsaran Daulay memaparkan, pemahaman yang didapat selama mengikuti bimtek bisa di implementasikan ke Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di wilayahnya masing-masing kecamatan.

Ia berharap, dengan penguasaan aturan dan tata cara penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan bagi PPS dan KPPS,tentu akan mampu menyelenggarakan pemilihan dengan baik dan benar dalam mewujudkan pemilu yang berintegritas.

"Bimtek Putungsura ini,sangat penting untuk dipahami para PPS,karena beekaitan dengan kegiatan pemungutan dan perhitungan suara hasil pemilu di jajaran KPU Palas,"ungkapnya.

Ia menekankan, seluruh PPS yang telah mengikuti bimtek dapat menyerap materi dengan baik sehingga menberikan kontrubusi untuk kelancaran dan kesuksesan pemilu diwilayah Kabupaten Palas pada hari H Pemilu,14 Ferbuari 2024.

Hadir dikegiatan bimtek Putungsura bagi PPS, Ketu Bawaslu Kabupaten Palas, Alex Sobar Nasution, Anggota Komisioner KPU Amran Pulungan, Abdul Muluk, Indra Alamsyah Hasibuan serta seluruh stocholder KPU Palas.