INHU - Kapolres Inhu AKBP Dody Wirawijaya mendampingi Irwasda Polda Riau, Kombes Pol Hermansyah meninjau posko pengungsian di Desa Rawa Sekip serta Desa Rawa Asri Kecamatan Kuala Cenaku, Kabupaten Inhu, Rabu (17/1/2024). Rombongan yang tiba dilokasi, langsung mengecek kondisi para pengungsi dan menyerahkan bantuan 250 paket sembako kepada masyarakat yang terdampak banjir.
 
 
Selain di pengungsian, rombongan juga memberikan bantuan langsung ke warga yang masih bertahan di rumah masing-masing dengan menggunakan perahu kayu menyusuri kebun sawit yang terendam banjir setinggi leher orang dewasa.
 
Petugas bidang dokter kesehatan (Bid Dokes) Polda Riau yang ikut hadir dalam rombongan tersebut juga melakukan pengecekan kondisi kesehatan masyarakat yang ada di pengungsian.
 
Kombes Pol Hermansyah mengatakan kedatangan rombongan ini untuk melihat langsung kondisi warga yang mengungsi akibat banjir sekaligus menyerahkan bantuan untuk meringankan beban masyarakat yang ada di pengungsian.
 
"Semoga air banjir segera surut dan masyarakat semua dapat kembali beraktifitas," katanya. 
 
Selain bantuan sembako, tambah Hermansyah, Polda Riau juga melakukan pegecekan kesehatan para pengungsi.
 
"Karena menurut informasi dari masyarakat, bahwa saat ini banyak pengungsi yang menderita penyakit gatal-gatal akibat banjir ini," katanya. 
 
Selain itu, kata Hermansyah, dalam kunjungan ini ia juga mengimbau masyarakat untuk ikut serta mengsukseskan pemilu 2024 mendatang meski dengan kondisi sedang dilanda banjir.
 
"Kita dari pihak kepolisian siap membantu masyarakat dalam mensukseskan pemilu 2024 mendatang dan apabila ada TPS yang terendam banjir kita siap membantu memindahkan TPS tersebut ke lokasi yang lebih aman," kata Irwasda.
 
Sementara AKBP Dody mengatakan pihaknya sudah melakukan berbagai upaya memberikan bantuan kepada para pengungsi korban dampak banjir. 
 
"Berbagai upaya dan inovasi cooling system yang dilakukan seluruh jajaran Polres Inhu untuk menciptakan Pemilu yang aman damai dan sejuk," ujar Dody.
 
Turut hadir dalam peninjauan tersebut di antaranya,  Wakapolres Inhu, Kompol Teddy Ardian, Bupati Inhu, Rezita Meilani Yopi, Dandim 0302 Inhu, Letkol (Kap) Dani Prasetyo Wibowo, Kepala Penagdilan Negeri Inhu, Kejari Inhu yang diwakili kasi Intel, Ketua LAMR Inhu, Datuk Ahli Fahmi Azis.