PALAS - Upaya mengatasi bencana alam banjir di kawasan pemukiman warga, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Padanglawas (Palas) lakukan normalisasi sungai Kegiatan normalisasi sungai untuk antisipasi banjir karena tingginya intensitas hujan saat ini yang berdampak meluap sungai. Pemkab Palas melalui Dinas PU melakukan kegiatan program normalisasi disepanjang aliran Sungai Aek Nabobar, Desa Paringgonan Julu,Kecamatan Ulu Barumun.

Kegiatan pekerjaan pengerokan mengunakan alat berat Ekscavator milik pemerintah tersebut berlangsung selama empat hari,sepanjang 1 Km disepanjang aliran sungai Aek Nabobar sebagai upaya antisipasi banjir agar tidak melanda pemukiman warga,sarana pendidikan serta lahan pertanian warga.

Plt Kadis PU Palas, Amirhan Hasibuan,ST didampingi Kabid Pengairan,Adek serta staf Pengairan, Yusuf Nasution ditemui dilokasi kegiatan normalisasi mengatakan, atas instruksi Plt Bupati untuk dilakukan normalisasi sungai agar debit air sungai tidak meluap pada saat musim penghujan saat ini.

Dikatakan, tujuan normalisasi ini untuk mengatasi dan antisipasi bencana alam banjir yang sebelumnya telah melanda pemukiman warga dan prasana dan sarana pendidikan dan lahan pertanian warga yang berada di sekitar sungai Aek Nabobar.

"Langkah yang dilakukan Pemda Palas atas perintah Plt Bupati ini sebagai langkah tepat dalam meningkatkan kepedulian ditengah masyarakat agar tidak terkena dampak bencana banjir di saat musim penghujan saat ini," terang Amirhan Hasibuan, Rabu (17/1/2024).

Ia berharap, dengan adanya kegiatan normalisasi ini memberikan manfaat sebagai solusi yang tepat untuk mengatasi bencana alam banjir dikawasan rawan banjir yang berdekatan dengan daerah aliran sungai(DAS).

"Plt Bupati Palas terus meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat, agar terhindar dari bencana banjir yang saat ini intesitas curah hujan cukup tinggi," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Paringgonan Julu, Irnan Hamidi Hasibuan didampingi Tokoh Pemuda, Alom Harahap, Pahrul Daulay dan Imran Sakti Nasution menyampaikan, apresiasi kepada Plt Bupati Palas yang selalu memberikan perhatian ke masyarakat agar terhindar dari bencana banjir.

"Kita patut mengacung jempol kepada Plt Bupati yang mengutamakan kepentingan umum dan masyarakat agar terhindar dari musibah banjir yang berdampak menimbulkan kerugian ditengah masyarakat," ungkap mereka.

Hal senada juga dilontarkan, Ahmad Husein Daulay mewakili BPD Desa Paringgonan Julu menyampaikan, terima kasih kepada Plt Bupati untuk kegiatan normalisasi dalam mengatasi bencana banjir dikawasan pemukiman warga.

"Inilah sikap seorang pemimpin yang mengutamakan kepentingan masyarakat agar tidak menjadi korban bencana banjir disaat musim penghujan saat ini," tutur Ahmad Husein.

Ia berharap, kepedulian pemerintah daerah terhadap masyarakat terus ditingkatkan sebagai bentuk kepekaan dan kepedulian yang terus ditingkatkan kedepan.

"Sudah sepatutnya,kami sebagai masyarakat menyampaikan terima kasih kepada bapak Plt Bupati yang cepat tanggap dan peduli dengan masyarakat sebagai pemimpin yang merakyat dan memiliki kepedulian yang tinggi," pungkasnya.