RUMPUT LIAR ternyata tidak bisa dipandang sebelah mata. Bagaimana tidak, banyak dari rumput yang tumbuh sembarang memiliki manfaat yang baik bagi tumbuh, sebagai obat atau anti toksin jika diracik dengan benar. Pemanfaatan rumput liar ini sudah dilakoni Agus Hidayat, salah satu pelaku usaha obat herbal sejak puluhan tahun terakhir. Bahkan sampai saat ini, berkat pemanfaatan tanaman herbal ini, banyak pasien yang terbantu kesembuhannya dari beragam penyakit yang diderita.
 
Ditemui disela-sela pertemuan pengurus Klub Indonesia Hijau (KIH) di Kawasan Bangun Purba, Kabupaten Deli Serdang, Agus menyebutkan banyak rerumputan yang tumbuh liar, merupakan obat herbal. Namun sayangnya tidak banyak diketahui masyarakat.
 
 
Salah satunya pohon lidah ular atau timun- timun dalam bahasa Melayu. Jenis tanaman ini berhasiat untuk mengobati gangguan pada wanita seperti keputihan atau pektay, urainya.
 
Selain itu lanjutnga, tanaman ini juga sangat baik apabila dicampur dengan krokot yang berbunga ungu untuk mengobati deman anak yang naik turun.
 
"Daun ini bisa membuat mengeluarkan detoksi yang ada di dalam tubuh jadi apabila juga gangguan reproduksi wanita," ujarnya lagi.
 
Kemudian melanjutkan, rumput teki (teki ladang), jika dicuci bersih dan dicampur dengan air kelapa di jus ini sangat baik untuk membersihkan rahim.
 
"Banyak tanaman-tanaman herbal yang bisa kita ambil dari lingkungan tapi yang jadi masalah kita kan tidak tahu itu. Karena pembelajaran terhadap tanaman-tanaman ini kan sekarang tinggal sedikit orang yang mengetahui. Saya juga kan masih sedikit yang tahu, baru di pusaran 1800 item tanaman bahkan jujur aja banyak nama-namanya yang saya tidak tahu tapi khasiatnya mengerti," urainya.
 
Agus mengaku, sejak tahun 1983 sudah mulai mempelajari beragam tanaman yang bermanfaat untuk pengobatan herbal.
 
"Dari awal dari tahun 83 kan memang sudah pelan-pelan saya belajar ini yang saya tekuni setelah tahun 95 sampai sekarang," ujarnya.
 
Semuanya memang bermanfaat untuk bahkan seperti sirih Cina (daun suruhan) itu sangat baik untuk orang yang terkena asam lambung. Bahkan pasien yang usus buntu akut.