PALAS - Plt Bupati Padanglawas (Palas) Ahmad Zarnawi Pasaribu menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk melakukan normalisasi. Instruksi tersebut langsung disikapi pihak Dinas PU Palas dengan melakukan pengerokan (normalisasi) sungai Batang Taris mengunakan alat berat excavator milik pemerintah daerah.

Hal ini dilakukan sebagai upaya
mengantisipasi bencana banjir diareal pemukiman masyarakat di Desa Pintu Padang, Kecamatan Ulu Barumun yang dikhawatirkan warga meluap air sungai akibat intensitas hujam yang saat ini terus menguyur wilayah Kabupaten Palas.

"Dengan adanya kegiatan normalisasi sungai ini, tentu ke khawatiran warga terjadinya banjir akibat meluap air sungai yang menerjang pemukiman waega telah dapat teratasi di musim penghujan saat ini," kata Kepala Desa Pintu Padang, Hasanuddin Daulay mewakili masyarakat, Senin (15/1/2023).

Kami atas nama pemerintah desa dan warga Desa Pintu Padang, Kecamatan Ulu menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Plt Bupati Palas karena telah memberikan kepedulian dan perhatian ke warganya di desa terpencil dan pedalaman.

Kata Hasanuddin, kegiatan pengerokan program normalisasi sungai sepajanjang kuarang lebih 300 meter untuk antisipasi banjir dipemukiman warga telah selesai dikerjakan oleh Dinas PU Palas.

Sebelumnya, lanjut Hasanuddin, pihak pemerintah desa mengajukan usulan normalisasi sungai Batang Taris ke pihak Pemkab Palas, disahuti oleh Plt Bupati dengan baik dengan menginstruksikan Dinas PU Palas.

"Tanggap dan kepedulian Plt Bupati terhadap bencana alam bajir, bergerak dengan cepat menyahuti usulan Pemerintah Desa Pintu Padang dengan menginstruksikan Dinas PU bidang Pengairan kelokasi sungai Batang Taris," katanya.

Ditambahkan, gerak cepat dan kerja keras Dinas PU Palas yang berlangsung selama dua hari untuk kegiatan normalisasi sungai berjalan dengan baik sesuai harapan warga.

"Alhamdulillah, dengan adanya normalisasi sungai.Warga Pintu Padang terhindar dari bencana alam banjir luapan air sungai Batang Taris ini,” ketusnya.

Melalui kegiatan program normalisasi sungai, sambungnya, meningkatkan hubungan silaturrahmi dan sinergitas pemerintah dan masyarakat semakin baik.

Sementara itu, Tokoh Pemuda Desa Pintu Padang, Irsan Muda Daulay mengaprerisasi, kinerja Dinas PU Palas yang melaksanakan kegiatan normalisasi sungai Batang Taris.

"Kami mengucapkan terimakasih ke Plt Kadis PU Palas, Amirhan Hasibuan dan Kabid Pengairan Ade Martua Haraharap, atas terlaksananya normalisasi dalam mengatasi ancaman luapan air sungai ke pemukiman warga," pungkasnya.