LABUHANBATU - Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga, MKM bersama Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd., MM., hadir mengikuti apel Peringatan Hari Amal Bakti ke-78 Kementerian Agama di Lapangan Ika Bina Rantauprapat, Rabu (03/01/2024). Bertindak sebagai Pembina Upacara, Bupati membacakan Pidato Menteri Agama RI Yakut Choulil Qoumas. Dalam pidatonya, Bupati mengatakan Kementerian Agama dilahirkan pada awal tahun, yakni 3 Januari. Tepatnya 3 Januari 1946. Artinya, setiap memasuki tahun baru, masyarakat harus memiliki spirit ganda yang muncul dari pergantian tahun dan peringatan hari lahir Kementerian Agama.

"Pada peringatan Hari Amal Bakti ke-78 Kementerian Agama ini, saya mengajak kita semua untuk terus meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan kita mewujudkan segala cita dibentuknya Kementerian Agama," ucap Bupati.

Momentum pergantian tahun dan peringatan HAB ke78 Kementerian Agama ini adalah saat yang tepat untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik. Pada momentum HAB ke-78 Kementerian Agama ini, saya mengajak kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk meningkatkan spirit layanan kita kepada seluruh umat beragama. Indonesia Hebat Bersama Umat adalah tema yang kita usung pada HAB ke-78 ini. Ini bermakna bahwa kita harus membersamai umat untuk menuju Indonesia yang hebat. Wujud dari membersamai umat ini adalah dengan memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat beragama.

"Oleh karena itu, mari kita wujudkan birokrasi yang melayani. Kita layani umat dengan senang hati, riang gembira, dan penuh pengabdian. Jadikan pelayanan umat ini sebagai “panggilan hati”, bukan semata kewajiban birokrasi. Jika pelayanan umat ini dilandasi sebagai panggilan hati, maka saya yakin dan percaya akan terwujud birokrasi yang inklusif, transparan, dan berdampak. Kita akan betul-betul bersama umat, yang berujung pada Indonesia Hebat," jelas Bupati.

Menutup Pidatonya Bupati mengucapkan Selamat memperingati Hari Amal Bakti ke-78 Kementerian Agama. Semoga Kementerian Agama terus jaya, serta menjadi oase dan pelayanan umat yang terbaik.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian penghargaan dan penampilan Marching Band oleh beberapa madrasah.

Turut hadir pada kegiatan ini Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu, Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Labuhanbatu, unsur Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu atau perwakilan, para pejabat, Fungsional, dan pegawai di Kantor Kemenag Kabupaten Labuhanbatu, para siswa Madrasah, insan pers dan hadirin lainnya.