PALAS - Kapolres Padanglawas (Palas) AKBP Diari Astetika bersama Plt Bupati, Ahmad Zarnawi Pasaribu dan unsur Forkopimda meninjau Pos Pengamanan (Pos Pam) dan Pos Pelayanan (Pos Yan) Ops Lilin Toba 2023, Jumat (29/12/2023). Peninjauan dan cek ke 3 Pos Pam dan Pos Yan tersebar di titik lokasi Jalur Dua atau Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan, Kecamatan Barumun, di depan Polsek Barumun Tengah dan wilayah Kecamatan Sosa.

Operasi Lilin Toba-2023 adalah operasi keamanan tahunan oleh Kepolisian Republik Indonesia untuk mengantisipasi peningkatan pergerakan orang dan barang selama liburan panjang akhir tahun.

Termasuk perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Kegiatan ini menjadi bagian dari upaya peningkatan keamanan dan pelayanan kepada masyarakat selama liburan.

"Terima kasih kepada seluruh personil yang telah berkomitmen menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," kata Kapolres AKBP Diari Astetika.

Dikatakan, operasi Lilin Toba 2023 ini memiliki peranan yang sangat vital dalam upaya memberi perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat selama libur Natal dan Tahun Baru.

Lanjut Kapolres mengimbau, masyarakat yang mudik tahun baru untuk selalu menjaga keselamatan dan keamanan masyarakat adalah prioritas utama.

Ia berharap, personil di setiap pos bisa meningkatkan kewaspadaan dan kerja sama dengan instansi terkait untuk memastikan liburan ini berlangsung nihil insiden yang tidak diinginkan.

"Kita harus senantiasa bersikap responsif dan profesional dalam setiap tugas yang kita hadapi," ujar Kapolres.

Sementara itu, Plt Bupati Palas, Ahmad Zarnawi Pasaribu berharap, agar seluruh personil dapat melayani masyarakat dengan humanis, sopan dan ramah

"Kita adalah pelayan masyarakat dan tugas kita adalah memastikan mereka dapat menikmati liburannya dengan aman dan nyaman serta dapat beristirahat di Pos Pam dan Pos Yan bagi pemudik yang keletihan menempuh perjalanan," katanya.

Plt Bupati menambahkan, kehadiran Pos Pam dan Pos Yan ini diharapkan dapat memberikan rasa aman untuk mencegah kejahatan atau gangguan lain.

"Marilah kita semua bekerjasama dan berkolaborasi serta bersinergi untuk suksesnya Operasi Lilin Toba-2023 di Kabupaten Palas ini," harapnya.

"Saya mengucapkan selamat bertugas kepada para personil yang terlibat dalam operasi dan berpesan agar selalu menjaga kesehatan selama kegiatan Operasi Lilin Toba 2023," pesannya.

Saat mengunjungi Pos Pam dan Pos Yan di lokasi Jalur Dua Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kapolres dan Plt Bupati Palas memberi bingkisan sebagai bentuk apresiasi kepada personil piket jaga di Pos Pelayanan dan Pengamanan.

Hadir dalam kegiatan peninjauan Pos Pam dan Pos Yan di tiga titik lokasi, Sekda Palas, Arpan Nasution, Pimpinan OPD jajaran Pemkab Palas, PJU Polres Palas.