PALAS - Tim Surveyor Komisi Akreditasi Rumah Sakit, dr. Mgs. Johan T.Saleh M.Sc dan Mompang Tua Parlagutan, S.Kep, Ners, M.Kep, melakukan kunjungan RSUD Sibuhuan untuk akreditasi. Kehadiran tim surveyor untuk akreditasi rumah sakit tersebut, dimulai 18-20 Desember 2023.

"Tim Surveyor Komisi Akreditasi di Desember 2023 ini telah turun langsung ke RSUD Sibuhuan untuk kegiatan akreditasi untuk penilaian mulai sarana dan prasarana, fasilitas serta pelayanan kesehatan kepada masyarakat," kata Direktur RSUD Sibuhuan, dr.Afandi Siregar, Jumat (22/12/2023).

Dikatakan, pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sibuhuan, Kabupaten Palas,terus berbenah mewujudkan peningkatan pelayanan kesehatan yang baik didukung kelengkapan sarana dan prasana yang menunjang kinerja pelayanan kesehatan ke masyarakat.

"Tim Komisi Akreditasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) ini turun ke Kabupaten Palas untuk menilai ke RSUD Sibuhuan, terkait sarana dan prasarana, fasilitas serta pelayanan," katanya.

Menurut dr.Afandi yang juga ketua IDI Kabupaten Palas berharap, tim komisi akreditasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang turun ke RSUD ini memberikan penilaian yang baik untuk akreditasi dari type C naik level menjadi type B atau A.

Ia menginginkan, RSUD Sibuhuan, Kabupaten Palas ini mendapatkan nilai yang baik dan tertinggi dalam akreditasi yang akan dilakukan nanti yakni Akreditasi l.

Diakui Afandi, untuk mewujudkan hal tersebut sangat tidak mudah, karena harus ada usaha maksimal dari semua stakholder dan tim medis untuk menutupi semua kekurangan yang ada di RSUD Sibuhuan.

"Kita optimis akan memperolehan akreditasi yang lebih baik. Sebab semua pegawai termasuk tim medis di RSUD Sibuhuan sudah mengenal seperti apa standar operasional prosedur (SOP) sebagai RSUD yang terakreditasi," ungkapnya.

Ditambahkan, ditahun depan, ada beberapa fasilitas pendukung akan mulai dioperasikan, termasuk ruang IGD yang akan dilengkapi laboratorium, poly kejiwaan juga mulai dioperasikan.

“Saat ini, RSUD Sibuhuan masih bertipe C, dengan kunjungan Tim Komisi Akreditasi ini diharapkan akan memberi nilai akreditasi untuk naik level menjadi Rumah Sakit Tipe B bahkan tipe A," harapnya.

Kehadiran RSUD Sibuhuan akan menjadi salah satu rumah sakit rujukan di daerah ini dan menjadi rumah sakit kebanggaan masyarakat dengan pelayanan yang cukup baik sehingga memberikan dampak positip bagi kemajuan pembangunan daerah.

Di akhir kegiatan Tim Komisi Akreditasi Kemenkes oleh dr.Mgs Johan T.Saleh, MS.c dan Mompang Tua Parlagutan S.Kep, Ners,M.Kep dilaksanakan malam keakraban tim akreditasi dan management RSUD Sibuhuan yang dihadiri Asisten III Setdakab, Drs.Amir Soleh Nasution mewakili Plt Bupati Palas, H.Ahmad Zarnawi Pasaribu di Aula Hotel Syamsiah Sibuhuan.