PALAS - Plt Bupati Padanglawas (Palas), Ahmad Zarnawi Pasaribu meresmikan gedung baru Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Palas, di Desa Sibuhuan Jae, Kecamatan Barumun, Rabu (20/12/2023).


Sekretaris Kwarcab Palas, Ikhwan Saleh Siregar dalam laporannya mengatakan, gedung baru Kwarcab Palas merupakan bekas gedung SD Sibuhuan Jae dan direnovasi berkat bantuan dana CSR dari Bank Sumut Cabang Sibuhuan.

”Renovasi gedung baru Kwarcab Palas dimulai pada tahun 2022 dan baru selesai pada tahun 2023,” kata Ikhwan Saleh Siregar di acara peresmian gedung baru Kwarcab Palas.

Peresmian gedung baru Kwarcab Palas dihadiri juga Pimpinan Cabang Bank Sumut Sibuhuan, Indra Syah Edison bersama Ketua Kwarcab Palas, Zainuddin Hasibuan.

Tampak juga hadir, sesepuh Pramuka Palas, Marahadi Hasibuan dan Kali Junjung Hasibuan, pimpinan OPD, para Camat, perngurus Kwarcab Palas.

Plt Bupati Palas,Ahmad Zarnawi Pasaribu berharap, gedung baru ini Kwarcab Palas bisa semakin baik kedepan.

”Manfaatkan gedung ini dengan baik, Kwarcab Palas harus tetap eksis dan konsisten untuk terus meningkatkan ke-Pramukaan ke arah lebih baik,” pesan Plt Bupati.

Plt Bupati yang juga Kamabicab Pramuka Palas berpesan, kemajuan Kwarcab Palas jangan berhenti pada gedung permanen saja tapi pengembangan usaha juga perlu agar Kwarcab Palas memiliki badan usaha untuk pembiayaan setiap kegiatan Pramuka.

”Dengan perkembangan zaman yang semakin maju, diharapkan kepada Kwarcab Palas agar mampu mendidik mental anak-anak melalu Pramuka agar kelak mereka siap menjawab tantangan era modern,” ujarnya.

Terakhir, Plt Bupati menyampaikan, atas nama Pemkab Palas mengucapkan terimakasih kepada Bank Sumut yang telah memperjuangkan dana CSR perusahaan untuk merenovasi gedung Kwarcab Palas.

Ka Kwarcab Palas, Zainuddin Hasibuan menceritakan,sejarah terbentuknya Kwarcab Palas. Zainuddin menyebut pada tahun 2007 Kwarcab Palas resmi berdiri sendiri dan lepas dari Tapanuli Selatan.

Kemudian pada tahun 2008 dilaksanakan musyawarah pertama. Setalah resmi Kwarcab Palas selalu menumpang dan menyewa gedung.

”Alhamdulillah tahun ini Kwarcab resmi memiliki gedung untuk kegiatan kepramukaan bagi anggota pramuka," pungkasnya.