LHOKSEUMAWE – Prajurit Kodim 0103 Aceh Utara menggelar bersih lingkungan sekaligus penanaman pohon di Desa Kuta Lhoksukon, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, Jumat (7/12/2023). Kebersihan lingkungan diutamakan pembersihan sejumlah drainase yang tersumbat sampah maupun sedimentasi dengan menggunakan sejumlah alat berat.

“Sekarang sudah musim penghujan, sehingga saluran air atau sejumlah drainase yang tertimbun sampah dan sedimentasi harus dibersihkan, agar aliran air lancar, tujuannya untuk meminimalisir banjir,” ungkap Dandim 0103 Aceh Utara Letkol Kav Makhyar.

Selain itu, urai Makhyar, prajurit TNI dari Kodim juga dikerahkan untuk melakukan penanaman pohon, terutama dikawasan yang gersang.

“Prajurit Kodim 0103 Aceh Utara sengaja kita kerahkan selain untuk gotong royong juga melakukan penanaman pohon, terutama dikawasan-kawasan gersang,” jelasnya.

Disisi lain Dandim 0103 Aceh Utara  Letkol Kav Makhyar, ST, MM, MH.I, juga menyampaikan bahwa kegiatan Jumat bersih dan penanaman pohon tidak hanya dilakukan dijajaran Kodim 0103 Aceh Utara, tapi serentak seluruh Indonesia.

"Hal ini dilakukan sebagai wujud kemanunggalan TNI dan masyarakat terutama diwilayah Kodim 0103 Aceh Utara,” katanya.

Kegiatan yang digelar berupa pembersihan lokasi rawan banjir dan penanaman pohon bertujuan untuk pencegahan wabah penyakit dan penanggulangam bencana alam.

“Lhoksukon menjadi salah satu Kawasan yang acapkali terkena banjir, makanya dibutuhkan kerjasama semua pihak untuk selalu menjaga lingkungan bersih,” jelasnya.

Dandim menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan selain pembersihan selokan dan pembersihan pasar tradisional yang dimulai dari depan Kantor Koramil 08/Lhoksukon, hingga dikawasan pasar tradisional Kota Lhoksukon, juga melakukan penanaman pohon.

Dandim 0103 Aceh Utara menyampaikan ucapan terimakasih kepada para stakeholder, yang ikut berpartisipasi membersihkan lingkungan di Ibukota Kabupaten Aceh Utara, seperti Batalyon Kavaleri, jajaran Brimob Polda Aceh, Satpol PP,  Dinas KLHK Kabupaten Aceh Utara, serta para pelajar yang tergabung dalam wadah ke pramukaan serta masyarakat sekitar.

Turut serta dalam kegiatan bersih lingkungan itu diantaranya selain Dandim 0103 Aceh Utara Letkol Kav Makhyar, ST, MM, MHi. Juga tampak Danyonkav 11/Macan Setia Cakti Letkol Kav Widhi Bayu Sudibyo., Sekretaris BPBD Kabupaten Aceh Utara Fakhrurrazi, ST, Kasat Sabhara Polres Aceh Utara AKP Emil, Kasatpol PP Kabupaten Aceh Utara Adharyadi, S.Sos., unsur Muspika Kecamatan Lhoksukon, serta personel Kodim 0103 Aceh Utara, Polres Aceh Utara,Yonkav 11/MSC, Brimob Kompi 4 B Por dan masyarakat lingkungan.