Toba - UKW Muda Angkatan 63 tahun 2023 oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bona Pasogit bekerjasama dengan Pemkab Toba diikuti 12 wartawan dari berbagai media.


Dalam tanggung jawab wilayahnya, PWI Bona Pasogit menaungi 4 wilayah Kabupaten yakni Kabupaten Toba, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan dan Kabupaten Samosir.

Peserta UKW salah satu berasal dari Kabupaten Humbang Hasundutan dan 11 wartawan berasal dari Kabupaten Toba yang dalam pelaksanaannya digelar dalam dua kelas dengan penguji Dedi Sahputra dan M. Syarir, penguji yang ditunjuk dan diutus langsung oleh Dewan Pers.

Untuk pelaksanaan UKW Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bona Pasogit bekerjasama dengan Pemkab Toba untuk menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Muda Angkatan 63 yang dilaksanakan di Hotel Purnama, Balige selama 2 hari Rabu dan Kamis (29/30 November 2023).

Untuk pembukaan dan peresmian pelaksanaan UKW angjtan 63 tahun 2023 dibuka langsung oleh Bupati Toba, Poltak Sitorus.

Dalam sambutan dan anahnya Poltak Sitorus menyampaikan, Pemkab Toba sangat mendukung pelaksanaan kegiatan UKW.

Bupati Poltak berharap para peserta bisa lolos dan dinyatakan kompeten dengan kemampuan yang baik dan mampu membuat laporan berita yang jelas dan mudah dipahami pembaca.

"Kita ingin wartawan yang punya kompetensi,kemampuan yang baik. Mampu menyampaikan laporan (berita) yang jelas dan mudah dibaca,".ucap Poltak Sitorus.

Lebih lanjut disampaikannya, saat ini kebanyakan masyarakat lebih suka membaca berita singkat daripada berita dengan tulisan panjang. Karena itu, dirinya berharap agar para peserta mampu menyampaikan informasi dengan singkat, padat dan jelas.

"Pemkab Toba sangat mendukung kegiatan ini dengan segala kekurangannya. Na hurang ta pature. "Nanti yang kurang-kurang kita perbaiki,".tandasnyaa

Ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik yang hadir dalam UKW tersebut mengatakan bahwa saat ini PWI menjadi garda terdepan dalam menangkal berita hoax.

Karena itu dirinya berharap agar para peserta benar-benar serius dan fokus mengikuti Uji Kompetensi dan dinyatakan kompeten.ucap Farianda Sinik.

Diakhir acara pembukaan, tim penguji bersama Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik,SE disematkan Stola oleh Bupati Toba Poltak Sitorus, Kejari Toba SamosirDihar Nainggolan,SE,S.H,MH bersama Wakapolres Toba Kompol B Simarmata.dipanjutkan dengan pemberian cendra mata berupa plakat PWI Bona Pasogit kepada Bupati Toba, Kejari Toba Samosir mewakili Kapolres Toba diterima Waka Polres Toba.