MEDAN - Guruku Idolaku menjadi tema Hari Guru Nasional (HGN) di SDN 064027, Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia. Peringatan HGN ke-78 di SDN yang terletak di Jalan SD Inpres Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia itu juga dimeriahkan dengan pagelaran seni budaya oleh para siswa dan siswi.

Bahkan, dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai suku, para siswa dan siswi menunjukkan berbagai kebolehan mereka.

Mulai dari membaca puisi, menyanyi dan menari serta kegiatan lainnya pada Rab, (29/11/2023).

Kepala sekolah SD 064027, Leni Kusniawati dalam kesempatannya mengatakan, ia bertekad membenahi sekolah yang dipimpinnya saat ini, sehingga program pemerintah pusat dengan Merdeka Belajar dapat dijalankan secara maksimal.

Selain itu, kepala sekolah juga berencana mengaktifkan kembali ekstra kulikuler yang sebelumnya terhenti, sehingga seluruh siswa dan siswi yang menimba ilmu di sekolah tersebut dapat tumbuh menjadi anak kreatif serta berkarakter dan selalu mencintai aneka ragam budaya di Indonesia.

"Meski baru menjabat 6 bulan di sekolah ini, saya dan rekan-rekan pengajar berkoordinasi dan melakukan rapat internal untuk dapat menumbuh kembangkan kreatifitas siswa-siswi dengan menghidupkan kembali ekstra kulikuler yang sebelumnya mati suri," ujar Leni Kusniawati.

Kemudian, lanjut dijelaskan Leni, sapaan akrab Kepala SDN 064027 ini, pihaknya juga secara intens mengajak para orangtua siswa untuk sama-sama menididik anak-anak.

"Selain itu, kita terus bersilaturahmi dengan para orangtua murid untuk dapat bekerja sama dalam mendidik anak-anak dengan mendukung segala kegiatan yang positif yang dilakukan oleh sekolah kami," jelasnya.

Karena itu, sebut Leni, ke depan, drumben sebagai ekstra kulikuler akan digalakkan kembali.

"Sehingga, program pemerintah dapat berjalan dan anak anak dapat menjadi generasi penerus bangsa yang berkarakter serta tumbuh maju di jenjang pendidikan yang lebih tinggi nantinya," sebut Leni.

Leni yang sebelumnya merupakan tenaga pendidik di salah satu Sekolah Dasar di kawasan Kecamatan Medan Sunggal terus bertekad agar SDN 064027 yang dipimpinnya saat ini bisa semakin maju.

"Sekali lagi, saya bertekad untuk memajukan sekolah ini. Sehingga, sekolah ini menjadi sekolah yang dapat menghasilkan murid-murid berwawasan luas serta menjadi generasi penerus bangsa yang dapat membanggakan Indonesia," tegasnya.

Sementara itu, salah seorang siswi kelas IV, Safika Ramadhani mengucapkan terimakasih kepada para guru yang telah mengajarkan ia dan teman-temannya ilmu pengetahuan bermanfaat, mulai dari belajar membaca dan lain sebagainya.

"Tadi kami sudah tampil menari dengan mengenakan pakaian adat. Di hari guru ini, kami ucapkan terimakasih kepada guru kami yang telah mengajarkan kami membaca dan menulis sehingga kami bisa pintar," ucap Fika didampingi para siswa lainnya.

Sebelumya, pada perayaan HGN ke-78 di SDN 064027, selain para siswa-siswi menunjukkan kebolehannya, seperti menari, bernyanyi dan membaca puisi, panitia sekolah juga melaksanakan parade drumben dan baris berbaris.

Tidak sampai di situ, peringatan HGN ini semakin meriah dengan penampilan siswa-siswi kelas 1 Sekolah Dasar yang mengenakan pakaian adat dan mempersembahkan tarian khas etnik Batak, yakni tarian tortor.