TOBA - Tingginya curah Hujan dengan tenggat waktunya yang cukup lama di Kabupaten Toba November ini dari pagi, siang, dan sore hingga malam hari mengancam keselamatan tebing gunung sepanjang Jalan Negara Lintas Sumataera (Janlinsum). Kekhawatiran ini menjadi kenyataan Jumat, (24/11/2023) sekira pukul 02.30 Wib dini hari tebing gunung Janlinsum Sipintupintu Kecamatan Tampahan Kabuoaten Toba longsor. 
 
 
Akibat material longsoran tebing gunung mengakibatkan ruas badan Jalan Negara Lintas Sumatera (Janlinsum) Sipintupintu Kecamatan Tampahan Desa Tangga Batu Timur hingga pukul 11.00 Wib siang menjadi macet total.
 
Terpantau di TKP Tebing gunung Janlinsum Sipintupintu yang longsor tingginya sekira 30 meter yang ditumbuhi semak dan pohon pinus.
 
Kasat Lantas Iptu Rapindo Siahaan saat dikonfirmasi wartawan di lokasi menjelaskan, puluhan meter kubik material longsoran tebing gunung langsung menutupi ruas badan Jalinsum Sipintupintu yang menghubungkan Kabupaten Taput, Kabupaten Toba, Parapat hingga Medan.
 
Akibat puluhan meter kubik material tanah bercampur bebatuan dan pohon yang tumbang yang menutupi ruas badan jalan menimbulkan kemacetan di sepanjang Jalan di kedua ruas arah jalan.
 
Lanjutnya, untuk membersihkan material longsoran tebing gunung diokasi diturunkan 3 alat berat yang datang dari Taput 2 alat berat dan 1 alat berat dari Toba berikut 1 unit Damkar dari Kabupaten Toba untuk membersihkan sisa tanah material longsoran.
 
Dalam upaya pembersihan material longsoran petugas tueut dibantu peraonil dari Satgas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Toba, Personil Polres Toba, personil TNI dan di bantu oleh personil/staf Badan Jalan Provinsi Sumatera Utara berikut Camat Dan Sekcam Tampahan beserta stafnya berikut beberapa warga desa sekitar ikut membantu.
 
Semua tim yang hadir bekerja keras membersihkan tumpukan material tanah longsor dan pohon dari tengah jalan. ujar Kasatlantas Polres Toba Iptu Rapindo Gunawan Siahaan saat di konfirmasi di lokasi longsor.
 
Ditambahkannya, peristiwa tanah longsor tersebut sempat menimbulkan kemacetan total di dua arah karena jalan tak bisa dilalui. 
 
Personil Satgas Bencana Pemkab Toba, Polres Toba dan TNI bekerja keras untuk membersihkan material longsor di jalan lintas Sumatera suoaya warga penggina jalan kembali bebas dan nyaman melintasinya.
 
Dari pukul 07.00 WIB untuk situasi Jalinsum di lokasi tempat kejadian perkara longsor tetap diupayakan terurai dari kemacetan. jelasnya 
 
Ia mengatakan, longsor sering terjadi di lokasi tersebut saat hujan deras, namun longsor yang cukup besar dan menutupi jalan ini sering terjadi kawasan jalan lintas Sumatera
 
"Longsor tebing pohon sudah sering terjadi saat hujan, tapi baru kali ini longsornya cukup besar sampai menumbangkan banyak pohon yang tumbuh dan tiang telkom di area tersebut," ujarnya.
 
Dampak longsoran tebing ini mengakibatkan kemacetan di dua ruas Jalan Lintas Sumatera. Pihaknya sudah bersiaga di lokasi dan membantu mengurai kemacetan. 
 
"Kami bersama beberapa polisi lalu-lintas, TNI, Pemkab Toba dan Badan Jalan Provinsi Sumatera Utara ikut membantu mengatasi kemacetan di lokasi kejadian dan di beberapa titik persimpangan jalan," pungkasnya.