TOBA - Menjelang grand final World Championship Lake Toba Aquabike Jetski, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Diknaspora) Kabupaten Toba bekerja sama dengan Persatuan Olah Raga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Toba menggelar lomba Solu Tradisonal, Kamis (23/11/2023). Sebagaimana diketahui grand final World Championship Lake Toba Aquabike Jetski akan digelar selama 2 hari, Sabtu dan Minggu (25/26 November 2023) di Veniue F1H2O Lapangan Sisingamangaraja XII Muliaraja Balige Kabupaten Toba. 
 
Pagelaran lomba solu tradisional ini digelar di pantai Danau Toba Lumban Silintong Balige depan Caffe Bistro di ikuti 19 tim peserta.
 
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga Rikardo Hutajulu melalui Kabid Olah raga Hendri Simarmata menyebutkan lomba ini digelar dengan 2 kategori lomba yakni lomba solu marsada-sada (single) dan lomba solu mardua-dua (ganda).
 
Disebutkannya, untuk para peserta lomba hadir dari setiap Kecamatan se Kabuoten Toba. Para peserta dikategori lomba solu Tradisional Mardua-dua (Ganda) peserta lombanya sebanyak 19 Tim, untuk kategori lomba solu Tradisonal Marsada-sada (Singke) 30 orang.
 
Peserta lomba yang resmi mendaftar yakni tim dari Kecamatan Balige (2), Uluan (6), Ajibata (6), Sigumpar (2), Tampahan (1 ) dan peserta dari Kabupaten tetangga Kabupten Simalungun mengirimkan 2 tim.
 
Ditambahkannya,  untuk para juara lomba di kedua kategori lomba diberikan hadiah uang di antaranya untuk juara 3 meraih hadiah uang sebesar Rp1.035.000,- juara 2 Rp 1.553.000,- untuk juara 1 sebesar Rp2.070.000 serta piala dan piagam penghargaan. 
 
Sebelumnya Bupati Toba Poltak Sitorus dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan berbagai lomba yang digelar jelang ini untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat secara khusis dari sektor dunia kepariwisataan.
 
"Untuk itu mari kita sama-sama berbenah dan melayani tamu tamu kita yang hadir untuk menyaksikan even dan berbagai lokasi wisata di daerah kita di pagelaran Event Grand final World Championship Lake Toba Aquabike Jetski 2023 yang akan kita gelar 2 hari Sabtu dn Minggu (25/26 November 2023)," ujarnya.
 
Usai menyampaikan sambutan Bupati Toba Poltak Sitorus didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Rikardo Hutajulu bersama Kabid Olahraga Hendri Simarmata dan Kabid Pemuda Dinas Pendidikan Kabupaten Toba Viktor Napitupulu, SE,M.Si melepas peserta lomba race pertama pertanda resminya lomba dilaksanakan.