LHOKSEUMAWE – Sejumlah titik rawan bencana alam diwilayah Korem 011 Lilawangsa, terutama saat musim penghujan saat ini dibutuhkan antisipasi dini, oleh karena itu Danrem 011 Lilawangsa Kol Kav Kapti Hertantyawan memimpin langsung rapat teknis Kajian Resiko Bencana (KRB) di Aula Yudha Makorem, Senin (20/11). “Untuk antisipasi bencana alam akibat musim penghujan saat ini, jajaran Korem 011 Lilawangsa kemarin menggelar rapat teknis Kajian Resiko Bencana. Hal ini sangat penting dalam rangka membuat regulasi kesiapsiagaan maupun respon cepat dalam penanggulangan dan pertolongan kepada masyarakat yang berdampak bencana alam,” katanya, Selasa (21/11/2023).
 
Disisi lain urai Kapti Hertantyawan, perlu sejak dini penyusunan teknis kesiapsiagaan digelar, tujuannya agar dipahami masing-masing satuan dengan langkah-langkah koordinasi dan harus berbuat apa nantinya ketika dihadapi terjadinya sebuah bencana alam, khususnya di Aceh Utara yang sering terjadi bencana banjir.
 
Dikatakan, risiko bencana banjir dikawasan Kabupaten Aceh Utara sudah sering terjadi, bahkan hampir setiap tahun, selain merendam rumah penduduk dibeberapa kecamatan, akibatnya ribuan jiwa terpaksa harus mengungsi.
 
“Kawasan Aceh Utara ini, bisa dikatakan rutin terkena banjir tahunan, pada tahun 2020 itu yang terbesar, sedangkan tahun 2023 ini sudah terjadi sekali, walaupun itu belum meluas, namun antisipasi sejak dini itu perlu, termasuk bencana alam lainnya seperti tanah longsor, angin puting beliung bahkan potensi kebakaran hutan acapkali juga terjadi wilayah Korem 011/Lilawangsa,” katanya.
 
Selain itu, dengan diadakan rapat kajian risiko ini, tambah Kapti, diharapkan menjadi sebuah pedoman mencegah terjadinya korban jiwa, dan membantu kebutuhan masyarakat di pengungsian.
 
Dalam rapat ini, masing-masing komandan satuan menyampaikan laporan kesiapan baik kekuatan personel maupun materil berbagai alat kelengkapan kesiapan yang akan digunakan dalam latihan penanggulangan bencana.
 
Direncanakan Korem 011 Lilawangsa akan menggelar latihan Penanggulangan Bencana Alam (Gulbencal), latihan selain melibatkan Satuan Kodim 0103 Aceh Utara, Denbekang, Kesrem, Denpal, Zibang, Denhubrem, termasuk melibatkan pemerintah setempat dan stakeholders lainnya serta masyarakat setempat.
 
Acara turut diikuti antara lain, Kasrem 011 Lilawangsa, Dandim 0103 Aceh Utara, para Kasi Korem 011 Lilawangsa, para Komandan Satuan Dinas Jawatan yang hadir, serta Kepala RS TNI Kesrem Lhokseumawe.