LANGKAT - Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin, SH menerima Anugerah Temenggong Tun Hassan dari Presiden Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Tuan Yang Terutama Tun Seri Setia Dr. H. Mohd. Ali Rustam Yang di Pertua Negeri Malaka, Senin (20/11/2023). Anugerah Temenggong Tun Hassan memiliki arti simbol orang yang dapat dipercaya dan semangat yang kuat dalam memperjuangkan dan menegakkan harkat dan martabat Melayu Islam.

DMDI menilai Plt Bupati Langkat gigih dalam memperjuangkan bidang sosial budaya. 

Pemberian Anugerah Temenggong Tun Hassan ini, ditandai dengan memakaikan  mendali dan pemberian sijil kepada Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin, SH. Kemudian dirangkai dengan penyerahan penghargaan oleh Ketua MUI Langkat H. Zulkifli Ahmad Dian LC, MA atas kepeduliannya kepada Palestina yang memberikan sumbangan Rp100 juta.

Mohd. Ali Rustam Yang di Pertua Negeri Malaka, yang mengaku pertama kali datang ke Langkat.

"Bapak bupati ini memang hebat, beliau mewariskan dari abangnya Alm. H. Syamsul Arifin," ucapnya. 

Ia menjelaskan, DMDI ini sudah 23 tahun yang lalu dibangun, tujuannya agar hubungan Melayu seluruh dunia terakses agar pendidikan, agama, ekonomi, masalah sosial dapat dibahas dan didiskusikan bersama untuk lebih baik.  

"Harapannya DMDI juga akan mampu mempererat silaturahmi antara Langkat dan Malaka melalui gelar yang saya berikan kepada Plt. Bupati Langkat ini," harapnya. 

Ketua DMDI Indonesia Datuk H. Said Aldi Al Idrus. Ia mengatakan penganugrahan Temenggong Tun Hassan ini seharusnya diberikan di Phnom Penh Kamboja.

Namun Plt. Bupati Langkat berhalangan hadir, sehingga dengan kebesaran hati Tun Seri Setia, berkenan menganugerahkannya langsung di Stabat Kabupaten Langkat.

"Kami selaku Ketua DMDI Indonesia menyampaikan bahwa Plt Bupati Langkat ini layak untuk menerima anugerah Temenggong Tun Hassan.  Kami berharap pemberian anugerah ini membuat kedepannya ada ide baru untuk memajukan kota kembar Langkat dan Malaka," ujarnya dan berharap Plt bupati melanjutkan jabatannya 5 tahun kedepan.

Sementara Ketua DMDI Sumatera Utara Dr.H. M.Isa Indrawan, SE, MM mengatakan, kegiatan ini berjalan berkat dukungan dan dorongan dari Plt. Bupati Langkat. Hal ini wajar karena Langkat dan Malaka hampir sama secara etnis, budaya, banyak kemiripan.  

"Kita doakan semoga Langkat menjadi world class city berbasis Melayu dan semoga Langkat akan menjadi pusatnya Melayu di pantai Utara," ucapnya. 

Menyikapi hal tersebut Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin juga mengakui baru ini pertama kali dikunjungi yang dipertuah negeri Malaka, mudah mudahan ini akan membawa kebaikan.

"Saya sangat berterima kasih kepada presiden DMDI Tuan Yang Terutama Tun Seri Setia Dr. H. Mohd. Ali Rustam Yang di Pertua Negeri Malaka yang hari ini menyerahkan anugerah ini kepada saya," ucapnya.

Syah Afandin juga mengucapkan terimakasih dan berharap ada kerja sama lain yang bisa dilakukan dan membawa manfaat untuk masyarakat Langkat. 

"Jujur saya sangat senang hari ini, tetapi saya juga harus memikirkan kepada generasi muda generasi penerus. Saya berharap dari sini nanti akan ada kerjasama pemuda Langkat untuk bisa berkreasi bagaimana mereka bisa mengembangkan potensi mereka baik di bidang kerja maupun lainnya dengan negeri Malaka," harapnya.