MEDAN - Pemko Medan melalui Dinas Ketenagakerjaan bekerja sama dengan Manhattan Urban Market melaksanakan job fair selama dua hari (20-21/11). Kegiatan ini diikuti 32 perusahaan dan menyediakan 600 lebih lowongan kerja. Kepala Dinas Ketenagakerjaan Medan diwakili Kabid Penempatan Tenaga Kerja, Duma Gultom, menjelaskan, kegiatan ini wujud kolaborasi Pemko Medan dengan pihak swasta dalam membuka peluang pencari kerja.

“Penyelenggaraan job fair kali ini tidak menggunakan APBD. Kita berkolaborasi dengan pihak swasta. Sesuai dengan tupoksi kita melakukan penempatan tenaga kerja, baik di dalam negeri maupun luar negeri,” ungkapnya.

Kolaborasi dengan pihak lain ini, lanjutnya, tentunya akan memperbanyak kegiatan dan sekaligus memperluas kesempatan pencari kerja dalam mendapatkan pekerjaan.

“Pada tahun ini sudah kita gelar sebanyak sembilan kali. Untuk tahun ini, tinggal sekali lagi, yang rencananya akan kita gelar di KIM, Medan Deli,” ungkapnya.

Selain menggelar job fair, ungkap Duma, Dinas Ketenagakerjaan Medan mempunyai aplikasi Siduta yang dapat menjadi jembatan penghubung antara perusahaan dan pencari kerja, juga pemerintah.

“Selain platform pengembangan karier, Siduta dapat digunakan untuk meningkatkan skill, kompetensi, dan menjadi tempat bagi seluruh angkatan kerja, pemerintah, dan perusahaan saling terhubung. Dan memang aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh warga Medan,” ungkapnya seraya menyebutkan, aplikasi ini menyajikan informasi lowongan kerja, magang, dan pelatihan.

Selain itu, aplikasi ini juga melayani pengaduan perselisihan juga pembuatan Kartu AK1.

Ke-32 perusahaan peserta job fair itu diantaranya BTPN Syariah, PT SJS, PT Surya Bintang Gemilang, Gema Sehat Indonesia, CV Gunung Mas Sejahtera, PT WOM Finance Tbk, PT Woong Rame, PT Gaya Makmur Mulia PT MESTINDO, PT Atma Meraki.