MEDAN - Rumah Sakit Umum (RSU) Haji Medan melaksanakan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59. Kegiatan tersebut dimulai dari pengobatan gratis, khitanan massal, donor darah, senam diabetes dan jantung, penyuluhan kesehatan, pembagian paket kepada anak pesantren hingga ada semonar kesehatan dan pertandingan olahraga.
 
Hal ini disampaikan oleh Kabag Umum RSU Haji Medan dr. Aria Novita Pasaribu didampingi Ketua Panitia HKN RSU Haji Medan drg. Anda Siregar kepada wartawan, Selasa (14/11). “Seluruh rangkaian kegiatan HKN kali ini mengikuti arahan dari kemenkes RI dengan mengangkat tema Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju,” ujarnya.
 
Dijelaskan Aria Novita, pada HKN kali ini pihaknya mengadakan beberapa rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat diantaranya donor darah, pengobatan gratis, khitanan massal, dan penyuluhan kesehatan dan pembagian paket kepada anak pesantren.
 
“Kegiatan pengobatan gratis dan khitanan massal telah dilaksanakan di Aula Kantor Kepala Desa Lau Dendang dengan target 150 orang pada hari ini, Selasa 14 November 2023 serta screening Penyakit Tidak Menular (PTM) oleh Dinkes Sumut. Kegiatan ini dipusatkan di Kecamatan Percut Sei Tuan ini sesuai dengan arahan dari ibu Direktur RSU Haji agar RSU Haji dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat sekitar,” ujarnya.
 
Kegiatan pengabdian masyarakat lainnya juga dilakukan dengan mengajak masyarakat sekitar RSU Haji Medan mengikuti senam diabetes dan senam jantung sehat. “Kita juga adakan senam diabetes dan jantung yang telah kami lakukan pada Senin, tanggal 13 November lalu di Halaman Gedung Rumah Sakit Haji, acara itu sekalian juga ada penyuluhan kesehatan,” katanya.
 
Pihaknya, lanjutnya juga akan mengirimkan Pegawai RSU Haji untuk mengikuti pertandingan olahraga yg diadakan oleh Dinkes Sumut. “Diantaranya ada badminton, futsal, e-sport, dan tenis meja,” katanya.
 
Kegiatan lainnya yang paling penting, lanjutnya ada seminar kesehatan mengenai diabetes kepada masyarakat dan seminar mengenai perawatan luka bagi tenaga kesehatan. “Acara seminar ini kmai adakan besok, Rabu (15/11) di Lobby Manajemen RSU Haji akan ada pembicara diantaranya Ns. Asrizal M.Kep, dr Lita Septiana Sp.PD dan dr Dewi Fibrini Sp.PB.RE(K),” tutupnya.