Alat masak yang kita gunakan mudah kotor dan menimbulkan noda yang membekas, termasuk teflon. Bila salah membersihkan teflon, tentu akan merusak lapisan anti-lengket yang terdapat pada permukaan wajan. Nah, berikut ini cara mencuci teflon yang tepat biar tidak mudah rusak.
 
1. Buang sisa makanan terlebih dahulu
 
Biar lebih mudah mencuci wajan, kamu bisa membuang terlebih dahulu seluruh sisa makanan. Lalu, diamkan sekitar 10-15 menit sampai teflon agak dingin. Hindari langsung mencucinya saat masih panas karena akan membuat lapisannya jadi mudah rusak. 
 
2. Rendam dengan air dan sabun
 
Berikutnya, kamu bisa rendam dengan air dan sabun atau cuka selama 5 menit. Hal ini bertujuan supaya sisa minyak dan bahan makanan benar-benar terangkat.  
 
3. Gosok dengan spons non-abrasif
 
Setelah itu, kamu bisa menggosok permukaan memakai spons yang lembut. Hindari memakai spons logam atau yang kasar karena bisa membuat lapisan anti-lengket terkelupas. Lalu, gosok dengan gerakan memutar secara perlahan.. 
 
4. Bilas sampai sabun hilang
 
Bila sudah, kamu bisa membilas wajan memakai air mengalir sampai sisa-sisa sabun hilang. Namun, untuk teflon yang gosong, kamu bisa menghilangkannya memakai baking soda. 
 
5. Bersihkan memakai kain lap lembut
Terakhir, kamu bisa bersihkan permukaan wajan memakai kain lap lembut. Lalu, keringkan terlebih dahulu sebelum digunakan kembali. 
 
Mencuci teflon tidak sulit, bukan? Nah, kamu bisa membeli alat kebersihan dan perlengkapan rumah tangga lainnya, seperti kompor portable, panci, serta alat makan berkualitas hanya di toko resmi online ACE melalui ruparupa. Dapatkan juga promo menarik setiap belanja di sini.