PALAS - Peringati Hari Pahlawan Ke-78, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas II B Sibuhuan Kanwil Kemenkumham Sumut menggelar upacara bendera yang diikuti seluruh pegawai rutan.


Kegiatan upacara bendera Hari Pahlawan tersebut mengusung tema: “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan” bertempat di halaman Rutan Sibuhuan, Jumat (10/11/2023).

Hari Pahlawan merupakan momentum untuk menghormati jasa-jasa para pahlawan nasional yang telah berjuang melawan penjajah demi memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, dan diperingati setiap tanggal 10 November.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kepala Rutan Kelas IIB Sibuhuan, Elizama Gori, SH membacakan sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini dalam peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023.

“Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara,” ucap Elizama Gori membacakan amanat Menteri Sosial.

Lebih lanjut, Elizama Gori menyampaikan, bahwa ancaman dan tantangan itu akan ditaklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945.

"Semangat ini menyatukan bangsa mewujudkan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik," katanya.

Kepala Rutan Klas II B Sibuhuan mengajak, semua pegawai rutan untuk menjadikan momentum peringatan hari pahlawan, untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

"Kita harus saling menghargai satu sama lain, pengorbanan para pahlawan diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi untuk meneruskan pembangunan dan mengisi kemerdekaan," pesannya.

Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera.

"Marilah kita panjatkan doa bagi para pahlawan yang telah gugur mendahului kita," ajak Karutan untuk melakukan doa bersama.