TOBA - Pemkab Toba menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan ke 78 di halaman kantor Bupati Toba, Jumat (10/11/2023). Upacara dihadiri Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K bersama jajaran perwira dan personil Bintara Polres Toba, Sekda Kabupaten Toba Drs.Augus Sitorus, mewakili Dandim 02.10 TU Pabung Kodim 0210/TU Mayor Inf K.Napitupulu.

Kemudian Ketua PN Toba Eveline Napitupulu, Kasi Intel Kajari Toba Oloan Sinaga SH, Kabag Ops Polres Toba Kompol Jhonny A Siregar SH, Kapolsek Balige Iptu Slamet Pasaribu, 1 Pleton barisan TNI Kompi Senapan A SIMBISA, 1 Pleton barisan Polres Toba, Sat Pol-PP Toba, ASN Toba, Pelajar SMA Negeri 1 Balige, Pelajar SMP N 4 Balige dan Pelajar SD N.7 Balige

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Wakil Bupati Toba Tonny Simanjuntak,SE dan untuk Komandan Upacara, Lettu Inf.Agus Fazri Danton Kipan-A Yonif 125/SMB Balige.

Menteri Sosial Republik Indonesia dalam amanatnya yang dibacakan Wakil Bupati Toba menyebutkan, Hari Pahlawan ke-78 tahun 2023 bertema “Pahlawan untuk masa depan bangsa dalam semangat memerangi kemiskinan dan kebodohan”.

Tema ini sebutnya diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang saat ini dirasakan kian makin nyata.

"Hal ini mengingat bahwa kita merupakan salah asatu pasar besar yang dikaruniai dengan banyaknya sumber daya alam negara kita yang luar biasa, seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral," ujarnya.

Inilah tantangan bagi para generasi penerus bangsa kedepan untuk mengelola kekayaan alam serta berbagai potensi yang ada.

Dengan berbagai ancaman dan tantangan yang datang, harus ditaklukkan dengan semangat juang yang disertai dengan sikap dan jiwa persatuan dalam berbagai keberagaman menjadi satu kekuatan sebagaimana yang telah ditunjukkan para pejuang bangsa terdahulu.

Memang sebutnya, tidak mudah, namun harus tetap optimis karena para pahlawan telah mengajarkan nilai-nilai perjuangan yang membawa jejak kemenangan.

Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri.

"Para pahlawan telah mengajarkan kepada kita, bahwa kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi. Dengan tangan mengepal dan dada menggelora dengan hanya berbekal bambu runcing," ujarnya.

Usai upacara, Wabup Tonny M.Simanjuntak, Kapolres Toba, Sekda Augus Sitorus bersama Forkopimda memberikan penghargaan berupa tali asih kepada sejumlah veteran.