LABUHANBATU - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu memperoleh dukungan penuh dari Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah (Bangda) untuk menuju Kabupaten yang smart city seperti yang dituangkan Bupati Labuhanbatu dr H Erik Adtrada Ritonga, MKM dalam rangka pencapaian target kegiatan strategis daerah. Dukungan dimaksud melalui salah satu pelaksanaan program Lokal Service Delivery Improvement Project (LSDP) pengelolaan sampah di Kabupaten Labuhanbatu yang disampaikan oleh Direktur SUPD II Bina Bangda Kemendagri Iwan Kurniawan ST,MM, diruang kerjanya jalan Taman Makam Pahlawan Pancoran Jakarta Selatan kepada Bupati Labuhanbatu Rabu 8/11/2023.

"Saya sudah masukkan nama Kabupaten Labuhanbatu dalam perealisasian bantuan pengelolaan sampah bersama Kabupaten Lebak. Persiapkanlah segala sesuatunya, termasuk mekanisme tata ruang dan penganggarannya," ujar Direktur.

Ditambahkanya, program ini memang ada, dalam waktu dekat program ini akan berjalan dan Labuhanbatu akan memperolehnya.

Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga, MKM didampingi Sekertaris Daerah Ir. Hasan Heri Rambe, Kaban Bappeda Hobol Z Rangkuti,S.Sos, Kadis Lingkungan Hidup Ir. Muhammad Syafrin, M.Si, Kadis PUPR Hendra Efendi Hutajulu ST.M.Si, JF Perencanaan Ahli Madya pada Bappeda Labuhanbatu Rusdi Michael Peranginangin SP, di kesempatan itu menyampaikan segala sesuatunya terkait kesiapan Kabupaten Labuhanbatu untuk melaksanakan LSDP.

Menurut Bupat, saat ini Labuhanbatu memiliki lebih kurang 2 hektare lahan tempat pembuangan sampah, satu hektare sudah berisi dan satu hektare lagi masih kosong, dari sini kami memandang perlu adanya persiapan penampungan sampah ataupun pengelolaanya di masa mendatang.

"Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu sendiri memiliki rencana penanggulangan sampah melalui daur ulang sampah menjadi pupuk kompos, dan pembakaran sistem Boiler, yang mana nantinya juga akan bermanfaat untuk masyarakat itu sendiri," ujar Bupati.

"Terimakasih saya ucapkan kepada direktur SUPD II untuk perhatiannya kepada Kabupaten Labuhanbatu, semoga ini dapat berguna bagi masyarakat Kabupaten Labuhanbatu pada umumnya," pungkas Bupati.

Terkait persiapan pengelolaan sampah di Kabupaten Labuhanbatu, Sekdakab Labuhanbatu Ir Hasan Heri Rambe menambahkan, Pemkab Labuhanbatu juga akan mempersiapkan 10 hektar lahan tempat pembuangan sampah.

Adapun yang menjadi sasaran perhatian bina bangsa terkait pengendalian volume sampah dikabupaten Labuhanbatu, Bina Bangda akan mempersiapkan pembangunan TPST (Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu) yang bersih dan beruang hijau.