PALAS - Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kabupaten Padanglawas (Palas) terus bergerak untuk pendampingan masyarakat yang belum memiliki program fasilitas pelayanan kesehatan. Eksisetensi IPSM melalui petugas pekerja sosial masyarakat (PSM) di setiap desa terus bekerja maksimal dalam memberikan pelayanan pendampingan dalam proses pelayanan kesehatan.

Kadis Sosial Kabupaten Padanglawas, H. Achmad Fauzan Nasution, SQ, SHI, M.Pd didampingi Supervisor Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos), M. Indra Leo Hasibuan, Selasa (7/11/2023)
mengatakan, tugas IPSM berkaitan perlindungan pemerluan pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS).

Dikatakan, hal ini sesuai dengan Permensos Nomor :10 Tahun 2019 dan arahan Menteri Sosial, Tri Rismaharini di kegiatan Hari Kesetia Kawanan Nasional (HKSN).

"Seperti dilakukan koordinator PSM Kecamatan Lubuk Barumun, Siti Aslam Hasibuan memberikan pelayanan pendampingan terhadap Binour Harahap warga Tapian Nauli yang hasil diagnosanya terkena serpihan pada mata mengakibatkan serangan pada mata dan syaraf," kata Indra Leo.

Ditambahkan, anak dari Rosliani (67) setelah mendapat penangganan oleh dokter RSUD Sibuhuan, dr.Faisal Bustami harus dirujuk ke RS Adam Malik Medan atau Pekanbaru untuk ditangani dengan spesialis dengan peralatan yang lengkap.

Selanjutnya, sambungnya, pasien atas nama Binour telah dirujuk ke RSU Adam Malik Medan, Senin (6/11/2023) setelah berkoordinasi dengan Supervisor Puskesos bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Palas dengan pihak managemen RSU Adam Malik Medan.

"Pihak IPSM Palas berterima kasih kepada Plt Bupati Palas, Ahmad Zarnawi Pasaribu yang terus menekankan bahwa pekerja PSM harus mengabdi ke daerah," pungkasnya.