PALAS - Kapolres Padanglawas selaku Mabicab Saka Bhyangkara diwakili  Wakapolres, Kompol Sugianto, membuka secara resmi Perkemahan Bhakti Saka Bhayangkara Kwartir Cabang Kabupaten Palas,Jumat t(3/11/2023) sore, ditandai penyematan tanda peserta. Perkemahaan Bhakti Pramuka Saka Bhayangkara Kwartir Cabang Kabupaten Palas dilaksanakan di bumi perkemahan Torsipira Manuk Desa Surodingin, Kecamatan Lubuk Barumun, kegiatan berlangsung selama empat hari mulai 3- 5 Nopember 2023.
 
Adapun peserta yang mengikuti perkemahan Saka Bhayangkara dari anggota Pramuka penegak putra dan putri yang berasal dari Saka Pramuka Bhayangkara tingkat SLTA se Kabupaten Palas.
 
Perkemahan Saka Bhayangkara sebagai wadah kegiatan kebhayangkaraan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang keamanan.
 
Ketua Saka Bhayangkara Kwarcab Kabupaten Palas, AKP Rahmad Saleh Nainggolan, SH menyampaikan,anggota pramuka penegak yang mengikuti perkemahan berjumlah 406 terdiri dari peserta putri 200 orang dan putra 168 ditambah pembina 17 putra dan 21 putri.
 
Kegiatan perlombaan yang akan dilaksanakan antara lain, pengetahuan Krida Tibmas, pengetahuan Krida Lantas, pengetahuan Krida TPTKP, pengetahuan Krida Penanggulangan Bencana dan pengetahuan umun pramuka dan pelatihan kedisplinan.
 
Kapolres Palas, AKBP Diari Astetika, S.I.K melalui Wakapolres Kompol Sugianto,S.Pd  dalam amanatnya menyampaikan, ada dua masalah besar yang berkaitan masalah sosial yang mencakup marak pengguna narkoba, pergaulan bebas, kekerasan dan kriminalitas yang melibat kaum muda.
 
Sedangkan masalah kebangsaan dalam bingkai NKRI mencakup rendahnya solidaritas sosial dan semangat berkebangsaan dan persatuan dan kesatuan yang akhirnya berdampak rendahnya semangat bela negara dan ancaman disintegrasi bangsa.
 
Oleh karena itu, lanjutnya, perlu diciptakan gerakan pramuka yang diminati kaum muda.Pramuka harus mampu mengikuti perkembangan kaum muda,tidak terkesan kuno dalam era komunikasi digital.
 
"Pramuka harus kren,asyik dan gembira serta menyenangkan," pesannya.
 
Ia juga berpesan, tantangan bagi para pembina yang harus selalu kreaktif dalam membina peserta didik digugus depan.
 
Ia berharap, anggota pramuka dapat mengembangkan dan menerapkan teknologi pendidikan yang relevan sesuai zamannya tanpa melupakan prinsip dasar dan metode kepramukaan.
 
Oleh karena itu, Wakapolres mengimbau, peserta agar mewaspadai peredaran narkoba disekitar kita dengan membentengi diri dengan iman dan taqwa.
 
"Selain itu, gerakan pramuka harus juga mampu menjadi filter mencegah peredaran narkoba khususnya di Kabupaten Palas," tutupnya.
 
Sementara itu, Ketua Kwarcab Palas, Zainuddin Hasibuan,S.Pd.MM mengatakan, melalui kegiatan perkemahan Saka Bhayangkara meningkatkan jiwa gerakan Pramuka tetap semangat,selalu produktif, inovatif dan kreatif dan berkarya.
 
"Sebagai generasi muda, anggota pramuka berkewajiban menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini," katanya. 
 
Zainuddin menambahkan, sejak awal Pramuka dirancang sebagai alat pendidikan bagi generasi muda untuk menjadi perekat dan siap membangun keutuhan NKRI.  
 
Karena itu, lanjutnya, tujuan dari Pramuka  itu sendiri sangatlah mulia, yaitu untuk mendidik generasi muda dengan  hal-hal positif sesuai dengan norma-norma masyarakat yang berlaku.
 
Terakhir, Ketua Kwarcab Pramuka Palas ini juga berpesan, kepada segenap anggota gerakan pramuka, teruslah berkreasi, berkarya dalam wadah gerakan Pramuka dengan kegiatan positif dan produktif.