PALAS - Sebanyak 300  siswa Raudhatul Athfal (RA)  Padanglawas (Palas) mengikuti praktek manasik haji untuk memperkenalkan pelaksanaan ibadah haji sejak usia dini. Ketua Ikatan Guru RA Kabupaten Padanglawas, Hj. Eko Romaito Harahap, SE, S.Pd, Kamis (2/11/2023) mengatakan, kegiatan ini terlaksana atas kerja sama para Guru Raudhatul Athfal se Kabupaten Palas dan ini merupakan agenda tahunan.

Dikatakan, ini dilakukan dalam rangka menanamkan nilai-nilai agama dan moral. Diantaranya termasuk dengan memperkenalkan ibadah haji, salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan bagi yang mampu.

“Anak-anak RA diajarkan  cara mwmpragakan  manasik haji, mulai dari niat ihram di miqat, wukuf di Arafah, melontar jamarot, thawaf mengelilingi ka’bah, sa’i antara Bukit Shafa-Marwah, hingga praktek bagaimana tahallul,” kata Eko Romaito.

Hadir dikegiatan itu, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Palas, H. Ahmad Husein Nasution, MM, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah H. Abaror, S.Pd, dan Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, Sahut Martua Lubis, S.Ag.

Sebelumnya Kepala Kantor Kementerian Agama Padang Lawas, H.Abdul Manan, MA diwakili Ahmad Saidi Hasibuan, S.Pd.I, MH saat membuka acara di Lapangan MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset  mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Kita mengapresiasi Ikatan Guru Raudhatul Athfal Kabupaten Palas bisa melaksanakan praktek manasik haji yang diikuti siswa dan siswi RA,” katanya.