PALAS - Untuk pemenuhan kebutuhan energi listrik ke masyarakat desa-desa terpencil di Kabupaten Padanglawas (Palas) yang belum tersentuh aliran lustrik. Plt Bupati Padanglawas, drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu didampingi Asisten II, Marza Jennova menggelar rapat koordinasi dengan pumpin PLN ULP Sibuhuan,di Aula Inspektorat,Kabupaten Padanglawas, Selasa (31/10/2023).

Turut serta dikegiatan rapat koirdinasi tersebut, Kepala Inspektorat Kabupaten Palas, Inspektur Harjusli Fahri Siregar dan Kaban Bappeda, Tri Anta.

Plt Bupati Palas, menginformasikan kepihak PLN ULP Sibuhuan untuk program listrik masuk desa di Kabupaten Palas dapat terlayani dengan baik sebagai sumber penerangan dan peningkatan ekonomi masyarakat di sejumlah desa -desa terpencil yang belum tersentuh busa menikmati aliran listrik.

"Ada sekitar ratusan Kepala Keluarga di anak desa seperti Aek Siala, Paranjulu dan Tobing Julu Aek Ujung Bawang, di wilayah Kecamatan Huristak belum mendapat penerangan listrik," terang Plt Bupati.

Ia berharap, pihak PLN dapat memprogramkan pembangunan jaringan listrik secara bertahap untuk prioritas anak desa-desa terpencil yang belum penerangan listrik.

Ditambahkan, Pemerintah Kabupaten Palas mendukung pihak PLN dalam menbuka akses untuk pemasangan jaringan listrik kesetiap pelosok anak desa yang maaih belum tersentuh aliran listrik.

Plt Bupati juga berharap, agar pihak PLN untuk masyarakat kurang mampu dapat dimaksimalkan di Kabupaten Palas untuk memenuhui kebutuhan energi listrik untuk mendukung proyek jaringan instalasi listrik.

Pada kesempatan itu, Plt Bupati menyampaikan, agar tiang listrik untuk akses pembangunan jaringan energi listrik ke desa yang belum tersentuh, terlebih dulu dilakukan survw dan peninjuan oleh pihak PLN.

"Pertemuan ini juga sebagai ajang silaturrahmi, sinergitas dan koordinasi yang baik antara Pemkab Palas dengan pihak PLN ULP Sibuhuan agar terus ditingkatkan," harap Plt Bupati.

Sebelumnya, Manajer PLN ULP Sibuhuan, Hafied didampingi tenga teknik jaringan Rahmat menyampaikan, menyambut baik saran Plt Bupati untuk memprioritas program listrik masuk desa.

Program PLN untuk pemasangan jaringan listrik ke anak desa sesuai harapan Plt Bupati akan menjadi skala prioritas ke desa-desa dimaksud.

"PLN secara bertahap akan ditangani setelah melalui survey dan analisis tim perencana untuk penyambungan jaringan listrik ke masyarakat di desa yang belum tersentuh penerangan listrik," terang Hafied.

Ia menambahkan, pihak PLN mohon bantuan dan dukungan pemerintah daerah agar program dimaksud tepat sasaran dan tepat guna.

"Kami mohon dukungan Pemkab Palas mulai dari proses di lapangan sampai tahap penyambungan jaringan untuk kebutuhan listrik masyarakat," harapnya.

Pihak PLN, lanjut Hafied, akan mempersiapkan segala kebutuhan untuk program prioritas listrik masuk desa denga terus berkoordinasi dengan pemerintah dalam mendukung tugas-tugas PLN di Kabupaten Palas.

Diakhir rapat koordinasi tersebut, Plt Bupati berharap, usulan pemerintah daerah dapat ditindaklanjuti agar tidak ada lagi anak desa di Kabupaten Palas yang belum tersentuh penerangan listrik.